Tips Memenangi Lomba Foto

Soetomo; Juri Canon Photomarathon Indonesia 2019, juga fotografer SMOL.id

981
Soetomo salah satu dewan juri yang juga fotografer SMOL ID (batik tengah) saat pembukaan lomba CPMI Jakarta 2019

SMOL.iD – Menjadi pemenang dalam lomba foto adalah dambaan setiap fotografer, apalagi menang pada lomba foto Canon Photomarathon Indonesia, siapapun pasti menginginkan menjadi juara.

Disamping hadiahnya menarik, yaitu mendapatkan kamera DSLR juga hadiah berupa  trip ke Jepang. Tidak heran bila  lomba yang disponsori PT. Datascrip ini menjadi salah satu ajang bergengsi lomba fotografi di Indonesia. Ini terlihat dari animo peserta CPMI dari tahun  ke tahun selalu diikuti ribuan peserta dari seluruh penjuru tanah air.

Ada banyak tips untuk bisa memenangkan lomba ini, sebagai salah satu dewan juri CPMI 2019 ada beberapa kritria yang menjadi dasar penilaian.

  • Kesesuaian dengan Tema
  • Keaslian ide
  • Kreativitas
  • Kemampuan teknis.

Peserta lomba biasanya terjebak dengan pemahaman tema yang tidak sesuai yang disampaikan panitia. Ini bisa dimaklumi karena peserta mengerjakan tema dengan waktu yang sangat terbatas.

Kadang peserta memilih lokasi yang jauh, hal ini justru merugikan peserta karena menghabiskan banyak waktu untuk menempuh perjalanan jauh tersebut. Sementara dalam sistem penjurian, lokasi pengambilan foto jauh ataupun dekat tidak menjadi faktor  penilaian.

Satu faktor yang tidak kalah pentingnya adalah, bukan pengulangan foto yang pernah menjadi juara. Ada satu hal yang sepele namun justru sangat fatal, yaitu kelalaian peserta tidak men set kamera sesuai tanggal yang sdh ditetapkan panitia. Hal ini merupakan kerugian peserta, apabila peserta tidak melakukan set tanggal seperti yang sudah disampaikan panitia, akan tersisih secara sistem. Dalam artian foto tidak akan sampai ke komputer  juri.

Sistem penjuarian dilakukan dengan sangat fair, setiap foto dijuri dengan interval angka  1 sd 10. Dan juri tidak pernah tau foto yang dijuri milik siapa. Salah satu faktor yang musti dipahami adalah Sebagus apa pun karya kita, kita tidak akan menang kalau ternyata ada foto peserta lain yang lebih bagus. Demikian juga sebaliknya, sejelek apa pun foto kita, kita bisa menjadi juara kalau ternyata saingan kita  tidak lebih bagus dari foto kita.

 

Leave a Reply