Jalan Tembus Bawang-Dieng Diusulkan Jadi Jalan Provinsi

3500

SMOL.ID- BATANG – Jalan tembus (alternatif) Bawang-Dieng yang menghubungkan wilayah Kabupaten Batang dan Kabupaten Banjarnegara diusulkan menjadi jalan provinsi. Hal itu ditegaskan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU PR) Kabupaten Batang Ketut Mariadji kepada SMOL.ID, Rabu (20/11/19).

”Kami usulkan jalan tembus itu menjadi jalan provinsi kepada Pak Gubernur melalui Dinas PU Bina Marga dan Cipta Karya (Dinas PUBMCK) Provinsi Jawa Tengah. Alasan pengajuan, jalan tembus itu merupakan akses paling pendek dari jalur Pantura ke Kawasan Stretegis Pariwisata Nasional (KSPN) Dieng,” jelasnya.

Hingga saat ini, lanjut Ketut, pihaknya masih terus berkoordinasi dengan jajaran pimpinan Dinas PUBMCK Provinsi Jawa Tengah. ”Kami terus menerus berkoordinasi secara intens dengan Dinas PUBMCK.”

Ketut juga menjelaskan bahwa cor beton jalan tembus Bawang-Dieng sudh hampir rampung. ”Sekitar 90 persen rampung. Alhamdulillah pekerjaan lancar, semoga bermanfaat bagi masyarakat luas,” ujarnya.

Sementara itu Kabid Prasarana Jalan dan Jembatan DPU PR Kabupaten Batang Nur Haryanto menjelaskan progres pengecoran jalan tembus Bawang-Dieng.
”Progres minggu ke-25 tanggal 17 November 2019. Rencananya adalah 94,515%, realisasinya 93,648%, deviasinya -0,867%. Jadi jika tidak ada aral yang berarti, insya Allah Desember 2019 sudah selesai dan bisa dilewati kendaraan dari dan ke Dieng,” jelas Nur Haryanto.

Kendala Prasana Jalan

Sebagaimana kita ketahui, bahwa Dieng selalu menarik untuk dikunjungi. Sayangnya para wisatawan biasanya enggan kembali ke Dieng karena prasarana jalan yang kurang mendukung. Namun sekarang ini, seribu jalan menuju Dieng, artinya banyak jalur yang bisa dilalui untuk menuju ke Dataran Tinggi Dieng.

Dari Pekalongan-Dieng (65,8 km) misalnya. Ada tiga jalur. Yakni Jalur Kajen : Pekalongan-Wiradesa-Kajen-Linggoasri-Paninggaran-Kalibening-Batur-Dieng. Jalur Petungkriyo : Pekalongan-Kedungwuni-Doro-Petungkriyo-Batur-Dieng. Dan, Jalur Bandar : Kota Pekalongan-Batang-Warungasem-Wonotunggal-Bandar-Kambangan-Kembanglangit-Sikesut-Gerlang-Kradenan-Tlagabang-Batur-Dieng.

Yogyakarta-Dieng (116 km) melalui Magelang, Semarang-Dieng (98 km) lewat Ungaran-Ambarawa. Baik dari Jogja maupun Semarang akan bertemu di Secang-Magelang-simpang Pasar Kretek-Wonosobo-Dieng.

Turis yang dari Purwokerto bisa via Alun-alun Banjarnegara-Jl Sunan Gripit-Jl Raya Petambakan-simpang Banjarmangu-Karangkobar-Dieng.

Yang menarik adalah ke Dieng via Pantura. Dari Jakarta-pertigaan Banyuputih (Batang)-Limpung-Bawang-jalan tembus Deles-Dieng. Dari Semarang malah lebih singkat lagi, via exit Tol Gringsing-tanjakan Plelen-pertigaan Timbang terus ke selatan-Tersono-Bawang-Deles-Dieng (60 km).

SMOL.id sendiri sudah beberapa kali mencoba jalur Pantura-Banyuputih-Limpung-Bawang-Deles-Dieng. Atau Pantura-Banyuputih-Tersono-Bawang-Deles-Dieng. Rata-rata perjalanan Dieng-Pantura via jalan tembus Bawang-Dieng sekitar 60 menit atau sekitar satu jam perjalanan. (ali – aa)

Tinggalkan Balasan