Jumat, 25 Juni 2021

Membuka Keterisolasian Kabupaten Mahakam Ulu (4-Habis)

Oleh: Djoko Setijowarno *)

SMOL.ID – Seandainya jalan darat sudah terhubung bagus, perjalanan dapat ditempuh kurang 10 jam. Apabila akses jalan dari Batas Kab.

Kutai Barat ke Ujoh Bilang (Kab. Mahakam Ulu) 147 kilometer sudah memadai atau sudah di aspal akan di bangun terminal-terminal dan sosialisasi keselamatan lalu lintas baik darat maupun sungai.

Juga nantinya dapat dioperasikan bus perintis trayek Melak – Sendawar (Kab. Kutai Barat) – Ujoh Bilang (Kab. Mahakam Ulu).

Pembangunan bandara di Ujoh Bilang dipercepat untuk mempersingkat waktu perjalanan.

Konsep wisata khusus perlu dirancang di Kabupaten Mahakam Ulu dalam upaya untuk melepas status keterisolasian.

Dan mendirikan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) dengan Malaysia akan membantu memantau mobilitas penduduk dan barang. Juga bisa meningkatkan perkeonomian warga setempat.

Kekayaan akan keindahan alam dan lingkungan menjadi potensi yang sangat besar untuk dikelola sebagai sumber ekonomi dan pemanfaatan jasa lingkungan.

Nilai-nilai kearifan budaya tradisional dan kehidupan masyarakat yang masih amat kental dengan pelestarian alam dan lingkungan menjadi keunggulan Kabupaten Mahakan Ulu.

Pemerintah hendaknya tidak hanya fokus membangun transportasi di IKN Baru, tetapi berilah perhatian yang sama terhadap pembanguan transportasi di Kabupaten Mahakam Ulu yang akan menjadi salah satu wilayah pendukung IKN Baru untuk menjaga kelestarian lingkungan. (aa)

*) Djoko Setijowarno, Akademisi Prodi Teknik Sipil Unika Soegijapranata dan Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan MTI Pusat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERBARU

LAINNYA