Tak Punya IMB, Pembangunan Kedai Starbucks di Semarang Disegel

119
Satpol PP segel bangunan kedai kopi Starbucks di kawasan Tugu Muda, Kota Semarang, Rabu (12/2/2020). Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom

SMOL.ID, SEMARANG – Satpol PP menyegel bangunan kedai kopi Starbucks di kawasan Tugu Muda, Kota Semarang. Petugas menyebut bahwa kedai yang masih dalam proses pembangunan itu tidak memiliki izin mendirikan bangunan (IMB).
“Ini peringatan. Petugas (pekerja) harus berhenti sampai yang bersangkutan (pemilik) klarifikasi,” kata Kepala Satpol PP Kota Semarang, Fajar Purwoto, kepada wartawan di sela pemasangan segel, Rabu (12/2/2020).

Fajar menjelaskan, pihaknya mendapat informasi bangunan kedai yang berada di area Museum Mandala Bhakti itu tidak berizin. Kemudian ia mengonfirmasi ke camat dan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Semarang.

“Koordinasi dengan camat, ternyata belum pernah tanda tangan terkait izin. DPMPTSP juga mengatakan benar belum berizin,” terangnya.

Oleh sebab itu, Fajar berharap segera ada klarifikasi dari pemilik kedai kepada Pemkot Semarang karena pembangunan tersebut sudah menyalahi aturan. Fajar menyebutkan penempelan stiker segel artinya pembangunan harus berhenti.

“Kami tidak melihat ini Starbucks atau apa, aturan harus ditaati,” katanya.

Pantauan di lokasi, personel Satpol PP berseragam putih juga mengecek kondisi bangunan dan bertanya pada pekerja pembangunan di sana. Untuk stiker segel Satpol PP ditempel di papan yang menutup proyek pembangunan yang berlogo Starbucks.

“Tempat ini sementara ditutup dan dihentikan kegiatannya. Karena melanggar Peraturan Daerah Kota Semarang Nomor 5 Tahun 2009 tentang Bangunan Gedung,” bunyi tulisan dalam segel yang dipasang Satpol PP.(dtc/smol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here