Banjarnegara Expo 2020 Dibuka

1641

SMOL.ID – BANJARNEGARA – Dalam rangka memperingati HUT Ke-449 Kabupaten Banjarnegara dan meningkatkan perekonomian masyarakat di Kabupaten Banjarnegara khususnya, Pemerintah Kabupaten Banjarnegara menyelenggarakan Banjarnegara Expo 2020 di kawasan Stadion Soemitro Kolopaking selama 5 – 9 Maret 2020.

Event tahunan ini dibuka oleh Bupati Banjarnegara, Budi Sarwono pada Kamis, 5 Marer 2020, di lokasi terselenggaranya pameran di Kawasan Stadion Soemitro Kolopaking.

Dalam acara pembukaan tersebut juga ditampilkan seni tari medley Nusantara yang dipersembahkan oleh Kementerian Dalam Negeri.

Event Banjarnegara Expo 2020 selain melibatkan Dinas Kabupaten Banjarnegara sendiri dan Pemprov Jawa Tengah, juga melibatkan Kementerian Pusat dan Dinas dari Kota/Kabupaten/Provinsi lainnya se Indonesia.

Diramaikan dengan hadirnya 127 stand yang diikuti oleh Lembaga dan Kementerian Pusat seperti Kementerian Dalam Negeri, Kememterian Hukum dan HAM, Kementerian LH dan Kehutanan, Kementerian Ristek dan Dikti, Kementerian Atr/BPN, Kemenko PMK,
BI dan OJK, Pemprov Jawa Tengah, Dinas Pemkab Banjarnegara, serta 7 Pemkab dan Pemkot lainnya seperti Bandar Lampung, Banyumas, Pekalongan, Sukoharjo,
Pemalang, Wonosobo, Magelang dan Purworejo.

Ragam produk yang dipamerkan meliputi semua jenis produk dari para pelaku UKM binaan seperti fesyen, kerajinan, hasil pertanian dan olahannya termasuk kuliner serta pelayanan publik.

“Pameran yang kita adakan setiap tahun ini merupakan salah satu upaya Pemkab untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di Kabupaten Banjarnegara khususnya, dengan mengenalkan potensi produk unggulan yang ada di Banjarnegara serta menyediakan fasilitas pameran bagi pelaku UMKM yang menjadi binaan Kabupaten Banjarnegara”, ungkap Bupati Banjarnegara, Budi Sarwono.

“Selain itu masyarakat melalui komunitas anak muda di Kabupaten Banjarnegara juga dilibatkan secara langsung pada penyelenggaraan pameran tahun ini,” lanjut Budi.

Rangkaian acara Banjarnegara Expo 2020 juga dimeriahkan dengan Pagelaran Seni dan Budaya, Kontes Kopi dan Kompetisi Barista, Lomba Senam Kreasi, Lomba Anak PAUD, dan Festival Kuliner Nusantara.
Menurut Bambang Hardiman, penyelenggara Expo, yang baru dari penyelenggaraan Banjarnegara Expo tahun ini adalah ajang kompetisi bagi anak muda yang berprofesi sebagai Barista.

“Untuk mengangkat potensi kopi lokal, kami juga menyelenggarakan Kompetisi Barista yang bertajuk Fun Battle V60, diselenggarakan bersama dengan Komunitas Kopi Baraapi”, lanjut Bambang.

Fun Battle V60 ini akan dilangsungkan di halaman parkir Stadion Soemitro Kolopaking pada Sabtu 7 Maret 2020, jam 10 hingga selesai.

Ditambahkan, Lomba Senam Maumere gratis untuk pendaftaran dan berhadiah Rp 3 juta. Senam akan dilaksanakan Minggu 8 Maret 2020 jam 07.00 hingga selesai di halaman parkir Stadion Soemitro Kolopaking.

Ada juga lomba yang akan melibatkan ratusan anak usia dini yaitu Lomba Menggambar PAUD dilangsungkan pada Jumat 6 Maret 2020 jam 08.00 hingga selesai. Lomba berhadiah total Rp 3 juta. (Humas – aa)

Tinggalkan Balasan