Ini Sate Buntel Favorit Jokowi, Kalau ke Solo Jangan Lupa Mampir!

331
Sate Kambing Sumber Pak Dahlan

SMOL.ID, SOLO – Sate buntel merupakan sate kambing khas Solo yang unik. Di kota asal Presiden Jokowi ada beberapa penjual sate buntel yang jadi favoritnya.

Sate buntel seperti namanya buntel yang artinya ‘dibungkus’. Terbuat dari daging kambing cincang yang dibungkus dengan lemak kamping tipis. Dililitkan menutupi daging kemudian dipanggang di atas bara api arang hingga matang. Rasanya maknyus saat digigit karena ada lelehan lemak yang gurih. Hidangan yang satu ini rupanya paling digemari oleh Preisden Jokowi.

Bumbu sate buntel menggunakan merica dan kecap manis, disajikan dengan irisan tomat segar. Nah, kalau sedang berada di Solo, jangan lupa mampir ke lima warung sate legendaris ini yang terkenal dengan sate buntelnya yang enak.

Berikut 5 warung sate buntel di Solo

Sate Kambing Bu Hj. Bejo

Sate Kambing Bu Hj. Bejo

Warung sate yang satu ini terbilang legendaris kare asudah berjualan sejak tahun 1970-an. Warung sate milik pasangan Pak Hj. Bejo ini awalnya berjualan secara berkeliling dan akhirnya suskes hingga sekarang.
Di sini menyediakan berbagai makanan olahan dari daging kambing seperti sate kambing, gulai, tongseng, tengkleng, nasi goreng, dan yang paling populer ada menu sate buntelnya yang enak juicy.

Sate buntel ini biasanya disantap dengan tambahan kuah tengkleng yang masing mengepul panas. Sate buntel disajikan disajikan dengan bumbu kecap serta irisan tomat, dan bawang merah yang masih segar. Saking enaknya Presiden Jokowi juga pernah makan di sini lho.

Sate Kambing Bu Hj. Bejo
Jl. Sungai Sebakung No.10.
Kedung Lumbu, Surakarta.
Telp: 0823-2587-0170

Sate Kambing Mbok Galak

Sate Kambing Mbok Galak

Kalau warung sate ini terkenal sebagai tempat makan para pejabat hingga politisi. Bahkan menurut sang pemilik, dulu Presiden Jokowi sering mampir untuk makan sate buntel dan tengkleng di sini selama beliau masih menjabat Wali Kota Solo.
Warung sate ini sudah berjualan sejak tahun 1980 dengan resep keluarga. Ciri khas dari sate buntel di sini adalah olahan daging kambingnya yang berkualitas. Lengkap dengan bumbu sederhana seperti kecap dan bawang merah.

Biasanya sate buntel milik Mbok Galak ini disantap dengan tongseng atau tengkleng dengan aroma prengus yang tak tercium. Selain Presiden Jokowi, mendiang Presiden Soeharto juga sering mampir jajan sate di sini.

Sate Kambing Mbok Galak
Jl. Ki Mangun Sarkoro No.112.
Banjarjasri, Kota Surakarta.
Telp: (0271) 730042.

Sate Kambing Sumber Pak Dahlan

Sate Kambing Sumber Pak Dahlan

Jika ada satu makanan yang selalu disukai Presiden Jokowi dari dulu hingga sekarang, sate pasti masuk ke dalam daftar menu makanannya. Semasa masih tinggal di Solo, Presiden Jokowi aktif kulineran dan mencicipi berbagai sate enak.
Salah satunya sate buntel di Warung Sate Kambing Sumber Pak Dahlan. Di sini menu andalannya ada sate buntel yang memiliki ukuran besar dengan daging kambing cincang yang bikin nagih.

Bagi penggemar tongseng tak perlu khawatir, karena di sini pengunjung bisa memesan tongseng menggunakan sate buntel yang lebih kaya rasa. Selain sate buntel dan tongsengnya, tersedia juga menu sate ayam, sate jeroan, sate daging, gule, sumsum, hingga tengkleng.

Sate Kambing Sumber Pak Dahlan
Jl. Letjen Suprapto No.69.
Banjarsari, Kota Surakarta.
Telp: (0271) 7892079

Sate Kambing-Buntel Pak H. Kasdi

Sate kambing buntel pak Kasdi Solo

Jalan-jalan ke wilayah Kestalan, ada warung sate legendaris yang terkenal sejak dulu namanya Sate Kambing Pak Kasdi. Warung sate sederhana ini sudah menjadi ikon kuliner kota Solo yang primadona.
Menu yang ditawarkan semuanya berasal dari daging kambing. Seperti sate kambing, gulai kambing, tongseng kambing, nasi goreng kambing, tengkleng, dan tentunya sate buntel yang paling terkenal di sini.

Hidangan sate buntel di sini dililitkan pada tusuk bambu, dengan potongan daging sate yang cukup tebal dan besar. Kemudian sate buntel disajikan dengan lalapan segar dari sayur kol, tomat, bawang merah, dan tambahan kecap. Rasanya legit, gurih, dan manis.

Sate Kambing-Buntel Pak H. Kasdi
Jl. Monginsidi No.107.
Kestalan, Kota Surakarta.
Telp: 815-4830-0095

Warung Sate Kambing Pak Manto di Solo juga legendaris. Terkenal karena tengkleng ricanya yang super pedas, ternyata itu bukan satu-satunya menu enak yang bisa dicicipi.

Salah satunya ada menu sate buntel yang terasa rempahnya dan aroma daging kambingnya harum. Potongan daging sate yang besar membuatnya populer di kalangan penggemar sate.

Biasanya sate buntel disantap dengan kuah tengkleng rica-rica yang pedas. Ditambah dengan nasi putih hangat serta irisan kol, tomat, bawang merah, dan guyuran kecap yang bikin nagih.(dtc/smol)

Leave a Reply