Gunung Merapi Erupsi, Hujan Abu Guyur Wilayah Lereng di Boyolali

1191
Foto: Gunung Merapi erupsi, Jumat (27/3/2020). (Dok BPPTKG)

SMOL.ID, BOYOLALI – Gunung Merapi erupsi pada siang hari ini. Setelah sebelumnya dilaporkan hujan abu di lereng sisi Magelang, kini dilaporkan lereng sisi Boyolali juga mulai diguyur hujan abu.

Kadus Stabelan, Desa Tlogolele, Kecamatan Selo, Boyolali, Maryanto, memaparkan, hujan abu yang terjadi di wilayahnya yang merupakan Kawasan Rawan Bencana (KRB) III. “Hujan abu tipis di sini,” ujarnya, Jumat (27/3/2020).

Erupsi yang disertai suara gemuruh selama beberapa menit itu sempat membuat warga di lereng Gunung Merapi dan berjarak sekitar 3,5 km dari puncak itu panik. Warga langsung keluar rumah dan yang sedang berada di ladang lari pulang.

Hal senada dikemukakan Sekretaris Desa Tlogolele, Neigen Achtah Nur Edy Saputra. “Di Desa Tlogolele khususnya KRB III atau Dusun Stabelan, Takeran, masyarakat sempat panik. Tetapi saat ini sudah kembali normal. Yang ke ladang tetap ke ladang, yang memasak juga memasak. Dan hanya terjadi hujan abu tipis,” kata Neigen.

Diberitakan sebelumnya, Gunung Merapi kembali mengalami erupsi pada pukul 10.56 WIB siang tadi. Informasi akun twitter resmi @BPPTKG menyebutkan erupsi tersebut tercatat di seismogram dengan amplitudo 75 mm dan durasi 7 menit.

Teramati tinggi kolom erupsi kurang lebih 5.000 meter dari puncak dan arah angin saat erupsi ke arah barat daya. Tingkat aktivitas Merapi saat ini dalam status waspada.(dtc/smol)

Leave a Reply