Gunung Merapi Erupsi, Kaliurang Sleman Masih Aman dari Hujan Abu

79
Foto: Suasana di Kaliurang, Sleman pasca-erupsi Gunung Merapi, Jumat (27/3/2020). (Dok Sar Satlinmas Kaliurang)

SMOL.ID, SLEMAN – Gunung Merapi kembali erupsi siang ini. Kondisi lereng di kawasan Kabupaten Sleman dilaporkan masih aman dari hujan abu vulkanik Gunung Merapi.

Pantauan di Kaliurang, Sleman pada pukul 12.11 WIB, belum ada laporan mengenai hujan abu vulkanik.

“Di sini (Kaliurang) masih negatif abu vulkanik,” kata Komandan Sar Satlinmas Kaliurang, Kiswanto, Jumat (27/3/2020).

Kiswanto menjelaskan, di wilayah Kaliurang tidak terdengar dentuman atau gemuruh saat Gunung Merapi erupsi. Kolom erupsi juga tidak teramati dari wilayah ini.

“Tidak terdengar apa-apa dan di sini tidak nampak visualnya juga negatif (tidak nampak) kalau dari Kaliurang,” bebernya.

Meski Gunung Merapi erupsi, tidak ada pergerakan masyarakat yang terjadi di Kaliurang, Sleman. Ditambah lagi dengan kondisi pandemi Virus Corona atau COVID-19, warga lebih memilih berada di dalam rumah.

“Warga masih beraktivitas seperti biasa, tapi karena adanya COVID-19 ini masyarakat lebih sering di dalam rumah,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) mengungkap Gunung Merapi erupsi pada pukul 10.56 WIB siang tadi. Teramati tinggi kolom erupsi 5.000 meter dari puncak. Arah angin saat erupsi ke barat daya. Kendati demikian status Merapi masih pada level waspada.(dtc/smol)

Leave a Reply