Corona Mewabah, Lokalisasi Gang Sadar Baturraden Di-Lockdown

3637
Foto: Penutupan lokalisasi Gang Sadar Baturraden (dok.Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Banyumas )

SMOL.ID, BANYUMAS – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Banyumas melakukan penutupan lokalisasi Gang Sadar di Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah. Penutupan itu dilakukan untuk menghindari penyebaran virus Corona (COVID-19).

“Kalau dari kita sendiri memang sudah (menutup), karena lagi gempar Corona, jadi ditutup dari lama. Terus kebetulan ada instruksi dari Pemkab,” kata Ketua Paguyuban Warga Kost RT 7 RW II, Amir S saat dihubungi wartawan, Senin (6/4/2020)

Amir menuturkan sejak adanya wabah Corona, kunjungan wisatawan ke kawasan obyek wisata Baturraden dan Gang Sadar memang menurun drastis. Bahkan sejak awal bulan Maret, kawasan tersebut sudah sepi pengunjung.

“Sejak awal Maret sepi, tidak ada tamu. Di Baturraden (Gang Sadar) sepi melebihi bulan puasa,” ucapnya.

Amir menyebut saat ini di Gang Sadar ada sekitar 60 anak kost (sebutan bagi para pekerja seks komersial) di wilayahnya. Dia juga sudah melarang anak-anak kostnya untuk pulang kampung untuk mengantisipasi penularan virus Corona.

“Yang masih bertahan sekitar 60 anak kost, yang pulang sebelum Maret juga ada, yang waktu dekat ini enggak ada. Kita juga tidak mengizinkan pulang. Untuk kebutuhan makan sementara ditanggung kami,” ujarnya.

Meskipun demikian, Amir mengatakan jika dia belum mengetahui sampai kapan melakukan penutupan lokalisasi tersebut. Saat ini, anak kost yang berada di Gang Sadar tetap diminta menjaga pola hidup sehat dengan menyediakan alat cuci tangan di beberapa titik.

“Belum tahu akan ditutup sampai kapan,” jelasnya.(dtc/smol)

Leave a Reply