Tuntut THR, Ribuan Buruh di Sukabumi Demo

73
Demo buruh di Sukabumi (Foto: Istimewa).

SMOL.ID, SUKABUMI – Ribuan buruh garment PT DJS di Desa Bojong Kokosan, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi melakukan aksi demo. Mereka menggelar aksi tersebut diduga terkait permasalahan tunjangan hari raya (THR).

Di lini massa media sosial, video para buruh tersebut berteriak soal THR juga ramai dibagikan warganet. Sayangnya, saat sejumlah wartawan mencoba untuk masuk satpam pabrik melarang.

“Tidak bisa, tidak boleh,” ungkap satpam tersebut menahan di pintu masuk gerbang, Selasa (12/5/2020).

Informasi yang diperoleh detikcom dari salah seorang buruh, aksi yang melibatkan ribuan buruh tersebut dipicu kebijakan perusahaan yang akan mengangsur THR mereka. “Saya dan kawan-kawan menolak, tuntutan kami THR enggak mau diangsur,” kata R salah seorang buruh, melalui pesan singkat.

Sejumlah awak media terus berusaha berkomunikasi dengan satpam pabrik agar diperbolehkan masuk untuk melakukan peliputan dan mengklarifikasi hal itu. Namun tetap, pintu besi di bagian depan tersebut tertutup untuk media.

Di dalam area pabrik terlihat petugas kepolisian dan Satpol PP berusaha meredam situasi. Belum ada keterangan resmi terkait aksi itu, hanya sesekali terdengar teriakan THR serentak disuarakan para buruh.

Beberapa buruh bahkan membagikan video situasi di dalam area pabrik kepada sejumlah awak media.

Kapolsek Parungkuda, Resor Sukabumi AKP Endah ketika dikonfirmasi hanya menjawab singkat. “Sebentar saya lagi meeting,” ucapnya.(dtc)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here