Doa Naik Kendaraan, Arab, Latin, dan Artinya

16582

SMOL.ID – Muslim harus bangga, karena Islam mengajarkan doa-doa pada saat melaksanakan kegiatan atau beraktivitas sehari-hari. Seperti halnya ketika kita akan naik kendaraan untuk bepergian, kita dianjurkan untuk membaca doa.

Pada zaman Rasulullah Saw, sebagaimana dilansir dari doaharianinsani.com, kendaraan yang dipakai yaitu unta dan kuda ada pula kendaraan laut yaitu kapal. Berdeda dengan zaman sekarang yang mempunyai banyak macam kendaraan seperti, sepeda motor, mobil, bus, kereta api, pesawat terbang, kapal laut, dan masih banyak lagi.

Rasulullah Saw mengajarkan kepada kita untuk membaca doa naik kendaraan ketika kita akan naik atau mengendarai kendaraan.

Manfaat dari membaca doa tersebut adalah supaya kita pada saat menaiki kendaraan terhindar dari marabahaya yang akan menimpa, dan juga supaya di lindungi oleh Allah Swt, saat berkendara sehingga kita bisa sampai di tujuan dengan selamat dan sehat wal afiat.

Adapun Doa naik kendaraan yang diajarkan Rasullah secara umum adalah sebagai berikut.

سُبْحَانَ الَّذِىْ سَخَّرَلَنَا هَذَا وَمَاكُنَّالَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّآ اِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ

Subhaanalladzii sakkhoro lanaa hadza wama kunna lahu muqriniin wa-inna ilaa rabbina lamunqalibuun.

Artinya :
“Maha suci Allah yang telah menundukkan untuk kami (kendaraan) ini. padahal sebelumnya kami tidak mampu untuk menguasainya, dan hanya kepada-Mu lah kami akan kembali. ”

Hikmah dari mengucapkan doa naik kendaraan diatas adalah bentuk rasa syukur kita kepada Allah Swt, atas Nikmatnya yang telah menganugerahkan kendaraan tersebut untuk bisa kita naiki dan mengantarkan kita sampai tujuan. (smol-aa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here