Kudus Ingin Keluar dari Zona Merah Corona 2 Pekan Lagi, Ini yang Dilakukan

85
Plt Bupati Kudus HM Hartopo. (Foto: Dian Utoro Aji/detikcom)

SMOL.ID, KUDUS – Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Kudus menargetkan daerah tersebut segera keluar dari zona merah Corona. Waktu yang ditargetkan adalah selama dua pekan.

“Kondisi Covid-19 memang zona merah (di Kudus), maka dari tim gugus tugas memberikan audiensi kepada kita. Diskusi ini bagaimana Kudus ini selama dua minggu ini, dua minggu lagi turun menjadi orange, dua minggu lagi turun menjadi kuning,” kata Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kudus HM Hartopo kepada wartawan selepas acara paparan upaya penanganan dan pengendalian Covid-19 di pendapa Kabupaten Kudus, Senin (13/7/2020).

Hartopo yang juga Ketua GTPP Covid-19 Kudus menjelaskan saat ini pihaknya akan mengerahkan seluruh elemen untuk melakukan penanganan Covid-19. Termasuk akan mengaktifkan lagi cek poin yang ada di Kudus yang sebelumnya dilakukan pelonggaran.

“Malam minggu kemarin sudah (tim gabungan) turun, mulai hari ini selalu monitoring dan seterusnya masalah kerumunan pasar, mal, cafe semuanya dipastikan ada satgas protokol kesehatan,” kata Hartopo.

Dia mengatakan, sejumlah keramaian hingga kegiatan belajar di sekolah masih ditunda terlebih dahulu. “Kita pending (tunda) dulu, jadi yang punya hajat sebatas keluarga saja, itu pun harus menerapkan protokol kesehatan. (Pembatasan ini) sampai kita menunggu ada turun zona merah,” kata Hartopo.

“Pendidikan belum ada instruksi (belum dilakukan secara tatap muka secara langsung), kita kebijakan masalah daftar orientasi di sekolah dengan protokol kesehatan dan harus diantar orang tua pulang pergi,” sambungnya.

Hartopo mengatakan penyebab naiknya angka Corona di Kudus ini bukan karena adanya klaster. Menurutnya, di Kudus penyebaran Covid-19 sudah merata. “Sekarang tidak ada klaster karena sudah ada merata (kasus Corona). Karena sudah transmisi lokal,” tegas dia.

Dari data penanganan Covid-19 Kabupaten Kudus, Senin siang, terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai 402 kasus. Sebanyak 283 kasus dari dalam Kudus dan ada 119 kasus dari luar wilayah yang dirawat di Kudus.

Dari 283 kasus dalam wilayah tersebut 51 kasus dirawat, 87 kasus isolasi, sembuh 114 kasus dan meninggal 31 kasus. Untuk kasus luar wilayah yang dirawat di Kudus dari 119 kasus terdapat 14 kasus dirawat, 53 kasus isolasi, 1 kasus dirujuk, 39 kasus sembuh dan 12 kasus meninggal.(dtc)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here