Melihat Suasana Simulasi KBM Tatap Muka Hari Pertama Sekolah di Brebes

39
Foto: Suasana simulasi KBM tatap muka di SMPN 1 Brebes. (Imam Suripto/detikcom)

SMOL.ID, BREBES – Memasuki tahun ajaran baru 2020/2021, SMPN 2 Brebes menjadi sekolah percontohan kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka di sekolah. Di masa pandemi virus Corona atau Covid-19 ini, beberapa siswa SMPN lainnya masih ada yang kecele datang ke sekolah untuk orientasi.

Pantauan hingga Senin (13/7), kegiatan belajar mengajar di SMPN 2 Brebes diberlakukan untuk kelas VII dan VIII. Para siswa di tiap kelas dibagi menjadi tiga kelompok dan berlaku sistem shift atau bergiliran.

Selama seminggu tiap siswa berangkat dua kali. Para siswa yang masuk sekolah pun diperiksa suhu tubuhnya.

“Proses belajar kami menerapkan protokol kesehatan. Baik terhadap siswa maupun tenaga pendidik. Mulai dari pemeriksaan suhu badan, cuci tangan, masker dan sistem bergiliran,” kata Kepala SMP Negeri 2 Brebes, Murtadho kepada wartawan di ruang kerjanya, Jalan Veteran, Brebes, Senin (13/7/2020).

Sementara itu, di sekolah lain tahun ajaran baru ini dimulai dengan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS). Misalnya saja di SMPN 1 Brebes, siswa yang terlanjur datang diberi materi soal MPLS kemudian penyampaian materi selanjutnya dilakukan dengan daring.

“Sebenarnya ini belum boleh masuk. Hanya saja sebagian dari siswa belum tahu soal edaran baru. Jadi mereka tetap masuk. Mereka kami beri pengarahan soal MPLS dan nanti bisa dilakukan di rumah. Setelah itu siswa kami pulangkan,” kata Kepala SMP Negeri 1 Brebes Dharma Suhaeri.

Hal sama juga terjadi di SMPN 1 Wanasari. Siswa yang datang ke sekolah diarahkan untuk melakukan kegiatan tadarus, penyampaian MPLS beserta tata tertib sekolah dan pengambilan buku paket.

“Kegiatannya itu tadarus Al-Qur’an, soal MPLS, tata tertib sekolah dan pengembalian buku. Habis itu pulang,” terang Kepala SMPN 1 Wanasari Murniasih.

Selain SMP, sejumlah SMA juga sudah mulai ada kegiatan pada Senin (13/7) ini. SMAN 2 pada hari pertama langsung melaksanakan MPLS bagi kelas X.

“Mulai hari ini mulai pengenalan sekolah (MPLS) yang akan dilakukan selama tiga hari. Dilakukan secara bergantian dan setiap hari diikuti oleh 110 siswa. Materi MPLS sesuai juknis di antaranya adalah tentang kurikulum, tata cara pembelajaran, lingkungan sekolah dan pengenalan pembelajaran daring,” ujar Wakil Kepala SMAN 2 Brebes.(dtc)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here