JK Tinjau Masamba Pascabanjir Bandang, Cek Posko PMI-Pembangunan Huntara

47
JK meninjau lokasi banjir bandang di Masamba, Luwu Utara (M Riyas/detikcom).

SMOL.ID, JAKARTA – Ketua Umum PMI Jusuf Kalla (JK) meninjau Kota Masamba, Kabupaten Luwu Utara, pascabanjir bandang yang menerjang wilayah tersebut. JK mengecek posko milik PMI hingga pembangunan hunian sementara (huntara) untuk korban banjir bandang.

JK dengan didampingi Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah tiba di Kota Masamba pada Kamis (23/7/2020) pagi. Dia langsung diterima Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani dan menerima laporan terkait penanganan pascabencana banjir bandang.

Mantan Wapres RI itu juga menyapa relawan PMI yang masih berjibaku membantu para korban banjir bandang.

“Bantu pemerintah daerah, ya. Bersihkan Kota Masamba ini,” kata JK kepada relawan di posko PMI.

Selain Kota Masamba, JK juga meninjau wilayah terdampak lainnya, yakni Desa Radda, Kecamatan Baebunta. Dia mengecek kondisi posko pengungsian dan hunian sementara yang mulai dibangun.

Diketahui, Pemkab Luwu Utara bersama Pemprov Sulsel mulai membangun 400 rumah hunian sementara untuk korban banjir bandang di Luwu Utara dan ditargetkan rampung sebulan ke depan.

Dalam keterangan terpisah, Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan (DPRKP2) Kabupaten Luwu Utara Syamsul Syair menyebutkan aparat TNI telah mulai membangun fondasi huntara di wilayah Panampaung, Desa Radda, Kecamatan Baebunta, Luwu Utara.

“Hari ini pembangunan huntara mulai dilakukan oleh aparat TNI di Panampaung, Desa Radda, Kecamatan Baebunta,” kata Syamsul Syair.

“Lokasi huntara tidak hanya di Radda Baebunta, tetapi juga ada di Masamba. Menurut informasi dari TNI, huntara ditargetkan selesai dalam satu bulan,” imbuhnya.(lin/smol/dtc)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here