Minggu, 25 Juli 2021

7 Tips Bersihkan Kikil dan Mengolahnya untuk Sajian Idul Adha!

SMOL.ID – JAKARTA – Selain daging dan jeroan yang kerap dibagikan saat Idul Adha, ada kikil sapi juga. Berikut 7 tips membersihkan dan mengolah kikil jadi makanan enak!

Kikil merupakan bagian dari kaki sapi yang punya tekstur kenyal dan lengket. Walaupun begitu, kikil bisa dijadikan olahan yang nikmat. Seperti gulai khas Minang hingga sate yang lezat.

Untuk mengolahnya menjadi beragam hidangan lezat, kikil perlu dibersihkan dan direbus terlebih dahulu. Ini untuk menghilangkan aromanya yang tak sedap dan membuatnya empuk.

Karenanya ada sekitar 7 tips yang perlu dilakukan saat Anda ingin mengolah kikil. Mulai dari mengerok kikil agar bulu-bulu yang menempel hilang hingga cara mengolahnya.

Berikut tips membersihkan dan mengolah kikil yang empuk dan tak bau:

1. Kerok Bulu yang Menempel Pada Kikil
Kikil yang didapatkan saat Idul Adha biasanya masih dalam kondisi berbulu dan berbentuk kaki sapi. Alias belum bersih seperti yang sudah ditawarkan di pasaran.

Untuk itu Anda harus membersihkannya terlebih dahulu. Untuk menghilangkan bulu-bulu yang menempel biasanya direbus dalam air mendidih. Bisa juga dibakar di atas bara api agar bulu-bulu itu rontok.

Langkah ini akan mempercepat proses perontokan bulu-bulu pada kikil. Jika sudah, kerok hingga permukaannya bersih.

2. Cuci Bersih Kikil
Setelah dikerok bulu-bulunya, Anda juga harus membersihkan kikil dengan air mengalir. Tujuannya supaya bulu-bulu yang masih menempel bisa benar-benar terlepas.

Bulu-bulu tersebut harus dipastikan bersih agar kikil nantinya enak disantap. Karena kadang bulu-bulu yang menempel pada kikil bisa membuatnya terlihat menjijikkan.

3. Rebus Kikil dengan Bawang Putih
Kalau kikil sudah bersih barulah direbus dalam air mendidih. Jangan lupa berikan bawang putih geprek atau yang sudah dihaluskan ke dalam air rebusannya.

Rebus sekitar 30 menit agar menghilangkan aroma tak sedap pada kikil. Selain itu perebusan juga bisa menghilangkan lendir pada kikil yang dapat mengakibatkan lengket ketika diolah.

4. Baluri Kikil dengan Perasan Jeruk Nipis
Jeruk nipis lagi-lagi digunakan dalam mengolah bagian sapi. Tak hanya berguna untuk mengolah jeroan sapi, jeruk nipis juga sangat dibutuhkan untuk kikil sapi.

Jika kikil yang Anda miliki cukup banyak gunakan sekitar 2-3 buah jeruk nipis. Kemudian baluri pada seluruh permukaan kikil dan diamkan selama 10 menit. Ini dilakukan agar bau amis pada kikil dapat hilang.

5. Rebus Kikil dengan Campuran Beras
Kikil memang punya tekstur yang kenyal dan keras digigit. Kalau ingin mengolahnya pastikan teksturnya empuk agar nikmat ketika disantap. Caranya yaitu direbus dengan tambahan beras.

Tak perlu banyak-banyak, cukup beberapa sendok beras saja. Konon merubus kikil dengan beras bisa membuatnya empuk. Untuk merebusnya membutuhkan waktu sekitar 30 menit.

6. Diolah Menjadi Gulai Tunjang
Gulai Tunjang merupakan hidangan khas Minang atau Sumatera Barat yang rasanya lezat. Paduan kuah santan kental dengan rasa gurih dan agak pedas, membuat kikil yang kenyal dan empuk ini makin nikmat.

Hidangan satu ini juga salah satu menu yang banyak digemari pecinta Nasi Padang. Untuk membuatnya diperlukan bumbu yang terbuat dari kunyit, lengkuas, kemiri, serai, cabai merah, bawang putih, dan merah.

Proses memasaknya juga diperlukan waktu yang lama agar tunjang (kikil) jadi empuk saat dimakan. Jika proses mengolahnya tepat bahkan tunjang bisa lepas dengan mudah dari tulang lunaknya.

7. Diolah Menjadi Sate
Tak hanya daging sapi atau kambing saja yang enak dijadikan sate saat mendapatkan daging di hari kurban. Tapi kikil sapi juga bisa jadi alternatif yang tak kalah lezat untuk menikmatinya.

Kikil yang telah bersih, empuk, dan bau amisnya hilang bisa diberikan bumbu berupa bumbu kuning. Setelahnya ditusuk-tusuk menggunakan tusuk sate lalu dibakar di atas arang agar rasanya makin nikmat.

Jangan lupa siapkan juga sambal kacangnya. Ditambahkan kecap manis akan terasa makin nikmat. Ketika matang bisa langsung dinikmati dengan nasi putih hangat atau lontong jika ada. (sal/smol/dtc)

TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERBARU

LAINNYA