Canggih! Wisuda Undip Semarang Hari Ini Pakai Robot

16
Foto: Wisuda di Undip Semarang pakai robot, Senin (27/7/2020). (Angling Adhitya Purbaya/dtc)

SMOL.ID, SEMARANG – Universitas Diponegoro (Undip) Semarang menggelar wisuda ke-159 hari ini menggunakan robot. Para wisudawan diwakilkan oleh robot berbentuk manusia untuk menghindari tatap muka langsung di masa pandemi virus Corona atau Covid-19.

Wisuda ini digelar di Gedung Prof Soedarto Undip Semarang. Ada tiga robot yang didandani bak wisudawan atau wisudawati untuk tiga orang dengan nilai tertinggi sebagai perwakilan tiap fakultas, sedangkan yang lainnya wisuda daring seperti sebelumnya.

Robot yang sudah memakai pakaian wisuda lengkap berjalan menuju rektor yang berdiri di atas mimbar. Robot itu berdiri di atas kotak beroda yang dikendalikan dengan remote control.

Di bagian wajah robot tersebut ada layar yang menampilkan wajah wisudawan dan wisudawati. Saat robot berada di depan Rektor Undip, Prof Yos Johan Utama, prosesi dilakukan dengan pemberian ijazah di tangan kiri robot dan pemindahan tali toga oleh rektor.

Rektor kemudian menekan tombol unmute pada layar di muka robot untuk memberikan selamat kepada wisudawan. Kemudian keduanya bisa berkomunikasi dua arah.

“Selamat, ya. Sukses,” kata Yos.

“Terima kasih Pak Rektor,” jawab wisudawan di layar muka robot kemudian dilanjutkan dengan bersalaman ketika tangan kanan robot mengangkat dengan pose salaman.

Yos mengatakan penggunaan robot tersebut merupakan upaya memfasilitasi wisudawan yang harus wisuda daring. Saat ini pengembangan masih terus dilakukan.

Wisuda di Undip Semarang pakai robot, Senin (27/7/2020). Foto: Wisuda di Undip Semarang pakai robot, Senin (27/7/2020). (Angling Adhitya Purbaya/

“Ini upaya kita untuk memudahkan. Insyaallah nanti masih diwakili dengan model ini. Masih dikembangkan. Jadi nanti tidak hanya untuk saat Covid tapi bisa juga membantu wisudawan yang masih memiliki masalah,” kata Yos, Senin (27/7/2020).

Robot tersebut dikembangkan oleh Pusat Unggulan Iptek Perguruan Tinggi Teknologi Kesehatan Universitas Diponegoro Center for Bio Mechanics, Bio Material, Bio Mechatronics and Bio Signal Processing (CBIOM3S) Undip selama sekitar satu bulan. Perancang robot merupakan alumni tim Robotik Undip, Rofiq C Prayoga.

“Kami diminta Pak Rektor untuk mengembangkan ini di Bulan Juni, butuh satu bulan untuk 3 robot ini. Anggaran Rp 40 juta-Rp 50 juta untuk 3 robot. Kita masih kembangkan, kita diberi tantangan bagaimana kalau wajahnya hologram,” kata ketua PUI PT Teknologi Kesehatan CBMIOM3S Undip, Rifky Ismail.

Sementara itu, salah satu wisudawan yang diwakili robot, Qorin Yuda Kistina dari Fakultas Psikologi Undip mengaku antusias karena meski berada di Magelang dan tidak bisa hadir langsung saat wisuda namun bisa diwakilkan robot.

“Menarik banget. Ini pertama kali pakai robot, dengan ini lebih hangat dengan keluarga di rumah masing-masing. Kita nikmati saja semua yang ada, semua yang kita hadapi,” kata alumni dengan IPK 3,9 itu.

Untuk diketahui, wisuda ke-159 Undip ini diikuti oleh 2.561 wisudawan yang terbagi ke dalam 11 tahap. Tanggal 27 hingga 29 masing-masing tiga tahap,kecuali tanggal 30 Juli berlangsung 2 tahap. Tahap 1 dimulai pukul 08.00 WIB, tahap 2 dimulai pukul 11.00 WIB dan tahap 3 dimulai pukul 14.00 WIB. Setiap tahap diperkirakan memakan waktu selama 2 jam.(lin/smol/dtc)

Tinggalkan Balasan