Khotbah Idul Adha, Singkat dan Padat

2148
overgift.blogspot.com

SMOL.ID – JAKARTA – Khotbah Idul Adha, singkat dan padat. Hal ini terkait dengan surat edaran Kementerian Agama.

Sebagaimana diketahui, Kementerian Agama atau Kemenag telah menetapkan Idul Adha 2020 jatuh pada Jumat, 31 Juli 2020. Sebelumnya, Kemenag telah mengeluarkan Surat Edaran Surat Edaran Nomor 18 Tahun 2020, tentang penyelenggaraan Idul Adha dan penyembelihan hewan qurban.

Sholat Idul Adha 2020/1441 H bisa dilaksanakan namun dengan mempertimbangkan keamanan wilayah setempat dari COVID-19. Sama dengan sholat, khotbah Idul Adha disarankan jangan terlalu lama demi menjaga kesehatan para jamaah dan lingkungan sekitar.

“Mempersingkat pelaksanaan sholat dan khutbah Idul Adha tanpa mengurangi ketentuan syarat dan rukunnya,” tulis Kemenag dalam surat edaran tersebut.

Bagi yang sedang mencari inspirasi contoh khotbah Idul Adha, bisa mengambil contoh dari yang pernah disampaikan Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu. Naskah khutbah Idul Adha 2018 ini disusun Drs H Siun Ruhan, MHI, dengan judul Haji dan Kurban adalah Syi’ar Islam

Berikut potongan contoh khotbah Idul Adha, semoga bisa menjadi contoh dan menginspirasi

Allahu akrab Walillah Ilhamd

Rasa kurban harus kita tumbuhkan pada diri kita masing-masing, lebih-lebih dalam era globalisasi kita semua dituntut untuk berkurban dalam rangka untuk mencari ridho Allah, sesuai dengan kemampuan kita masing-masing.

Tidak perlu kita berteriak menjadi reformis, pada hal kita tidak lebih sebagai seorang pengemis, tidak perlu berteriak mengejar pencuri pada hal kita sendiri seorang pencuri. Oleh karena itu tidak perlu kita mereformasi orang lain, reformasilah diri kita masing-masing. Dan mari kita pupuk rasa persatuan dan kesatuan diantara kita seperti pepatah mengatakan ” bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh

Hadirin Rahimakumullah

Mari di akhir khotbah Idul Adha ini kita sama-sama meningkatkan syi’ar agama Islam ini dengan cara menunaikan ibadah Haji bagi yang sudah mampu, dan memotong hewan kurban bagi kita yang belum mampu menunaikan ibadah haji. Dan mari kita tumbuhkan kesadaran kita masing-masing untuk mendekatkan diri kepada Allah dalam rangka untuk mencari ridhoNya, dan senantiasa kita berdoa semoga Allah selalu memberikan rizki kepada kita, sehingga kita dapat menunaikan ibadah haji ke tanah suci Mekkah Al-Mukarramah pada tahun yang akan datang.

Demikianlah semoga khotbah yang singkat ini ada manfaatnya bagi kita semua Amiiin ya Rabbal alamin.

Sesuai contoh khotbah Idul Adha yang bisa diakses di situs Kanwil Kemenag Bengkulu, jangan lupa sisipkan doa di bagian akhir. Doa bertujuan memohon perlindungan dan pengampunan pada Allah SWT.

Permohonan lain adalah semoga Allah SWT senantiasa memberi petunjuk pada seluruh muslim dalam menjalani kehidupan, usai perayaan Idul Adha. Terlebih bagi yang sedang mengalami kesulitan di tengah pandemi COVID-19. (aa/smol/dtc)

Tinggalkan Balasan