Khotbah Id di Masjid Al Falah Semarang Singkat dan Jelas

56
Ustadz Munjani SPd MPd berkhotbah di hadapan jamaah sholat Idul adha di Masjid Al Falah Mendut Kalipancur Manyaran Kota Semarang. (Ali Arifin - aa)

SMOL.ID – SEMARANG – Khotbah sholat Idul Adha, Masjid Al Falah, Mendut, Kalipancur, Manyaran, Kota Semarang, Jumat (31/7/2020), singkat, padat, dan jelas.

Ustadz Munjani SPd MPd yang bertindak sebagai imam sekaligus khotib sholat Idul Adha hanya menjelaskan soal makna di balik Idul adha.

”Inti dari perayaan hari raya Idul Adha adalah meneladani kesabaran dan keikhlasan Nabi Ibrahim, Siti Hajar, dan Nabi Ismail,” kata Ustadz Munjani.

Ibrahim masuk dalam golongan ululazmi (أولوالعزم‎, Ulu al-Azmi) adalah sebuah gelar khusus bagi golongan rasul pilihan yang mempunyai ketabahan luar biasa. Terdapat lima rasul yang mendapatkan gelar ululazmi, yakni Nuh, Ibrahim, Musa, Isa, dan Muhammad. Gelar ululazmi dijelaskan dalam Surah Al-Ahqaf ayat ke-35 dan Asy-Syura ayat ke-13.

Sholat Idul adha di Masjid Al Falah Mendut, Kalipancur, Manyaran, Semarang berjalan sesuai protokol kesehatan yang disyaratkan pemerintah.

”Hal ini terkait dengan surat edaran Kementerian Agama Nomor 18 Tahun 2020, tentang penyelenggaraan Idul Adha dan penyembelihan hewan qurban. Sholat Idul Adha 2020/1441 H bisa dilaksanakan namun dengan mempertimbangkan keamanan wilayah setempat dari COVID-19,” kata Ketua Takmir H Sutanto SH MH.

Sama dengan sholat, khotbah Idul Adha disarankan jangan terlalu lama demi menjaga kesehatan para jamaah dan lingkungan sekitar. Mempersingkat pelaksanaan sholat dan khutbah Idul Adha tanpa mengurangi ketentuan syarat dan rukunnya. (Ali Arifin – aa)

Tinggalkan Balasan