Operasi Patuh di Brebes, Pemudik Diberi Oleh-oleh Telur Asin

30
Foto: Operasi Patuh di Brebes, pemudik dibekali oleh-oleh telur asin (Imam Suripto/detikcom)

SMOL.ID – BREBES – Satlantas Polres Brebes, Jawa Tengah, kembali menyosialisasikan ajakan tertib berlalu lintas. Kali ini pemobil yang disetop justru diberi oleh-oleh telur asin.

Operasi Patuh ini digelar pukul 14.30-16.30 WIB. Pantauan di Tol Pejagan-Pemalang, polisi menggelar Operasi Patuh di Tol Gate Pejagan. Kegiatan ini juga dilakukan di sejumlah pusat keramaian di Brebes.

Setiap pemobil yang masuk ke tol dicegat dan diberi sosialisasi tertib lalu lintas. Usai diberi arahan, para pemobil bakal diberi tiga butir telur asin khas Brebes.

Kasat Lantas Polres Brebes, AKP Putri Nur Cholifa mengatakan sosialisasi berlalu lintas ini sekaligus mempromosikan telur asin sebagai produk unggulan Brebes.

“Ini kegiatan Operasi Patuh agar para pemakai jalan untuk selalu berhati-hati dan mematuhi aturan lalu lintas. Kami hadir sekaligus memberikan oleh-oleh khas Brebes, telur asin untuk mengenalkan pada para pemudik yang akan balik ke Jakarta,” kata Kasat Lantas Polres Brebes, AKP Putri Nur Cholifa, di exit tol Pejagan, Sabtu (1/8/2020) sore.

Putri menyebut sasaran kegiatan ini adalah pemudik yang balik ke Jakarta baik lewat tol maupun Pantura. Tak hanya kendaraan pribadi, mobil angkutan umum seperti bus juga disetop untuk sosialisasi. Polisi juga mengingatkan pentingnya memakai masker dan penerapan protokol kesehatan di masa pandemi virus Corona atau COVID-19.

“Tak lupa, polisi tidak bosan-bosan berpesan pada para pengemudi untuk memakai masker. Mengingat saat ini masih masa pandemi kita harus ikut mencegah penyebaran COVID-19,” terang Putri.

Sementara itu, belum tampak ada kepadatan arus balik Hari Raya Idul Adha di Pantura maupun Tol Pejagan-Pemalang. Meski begitu, tercatat ada peningkatan jumlah kendaraan yang melintas dibandingkan hari biasanya.

Terpisah, Murtado (49) pemudik yang akan balik ke Tangerang mengaku kaget karena dicegat polisi. Sosialisasi polisi di Brebes ini pun dinilainya unik.

“Unik aja. Tadi pas dicegat dikira mau diapakan. Ternyata diberi pesan-pesan tertib lalu lintas dan diberi telur asin,” tutur Murtado. (sal/smol/dtc)

Tinggalkan Balasan