Yuk, Jajan Tahu Petis Semarang di 5 Tempat Ini

8
Tahu Petis Yudhistira Semarang/dtc

SMOL.ID, SEMARANG – Semarang merupakan surganya kuliner. Salah satunya ada jajanan berupa tahu petis yang tersedia di beberapa tempat ini.

Tahu petis merupakan salah satu jajanan khas Semarang. Jajanan tersebut berupa tahu pong tanpa isi yang kemudian di dalamnya diolesi adonan kental hitam mirip petis. Rasanya manis legit.

Adonan kental hitam mirip petis itu dibuat dari tinta cumi dan gula. Umumnya bukan dari petis, fermentasi udang atau ikan yang lebih pekat agak keras. Rasanya akan semakin nikmati jika tahu petis dimakan dengan rawit hijau yang pedas.

Di Semarang ada banyak warung yang menawarkan jajanan khas tersebut. Tahu petis di Semarang itu juga terkenal legendaris sejak puluhan tahu lalu. Karenanya sering menjadi destinasi wisata kuliner bagi wisatawan ketika mengunjungi Semarang. Berikut 5 tahu petis di Semarang tersebut.

1. Tahu Petis Prasojo

Tahu petis prasojo/dtc

Tahu Petis Prasojo merupakan salah satu warung makan tahu petis yang paling legendaris di Semarang. Warung tersebut sudah beroperasi sejak tahun 1980. Kabarnya, Tahu Petis Prasojo juga merupakan pionir tahu petis di Semarang.

Yang unik dari tahu petis ini adalah, bumbu petisnya yang dicampur ke dalam isi tahu. Penambahan petis yang langsung dicampur ke dalam isian tahu membuat rasanya semakin enak. Apalagi ditambah dengan rawit hijau yang pedasnya nampol.

Tahu-tahu yang ditawarkan di warung ini diproduksi sendiri secara homemade. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga kualitas dari tahu tersebut. Jenis tahu yang dibuat adalah tahu pong tanpa isian apapun. Harga yang ditawarkan untuk satu pcsnya dibanderol sekitar Rp. 2.000 saja.

Tahu Petis Prasojo dapat dikunjungi di Jalan Ahmad Yani, Semarang, mulai dari jam 15.30 hingga 01.00 dini hari. Selain tahu petis, di sini juga menawarkan aneka gorengan lain seperti tahu bakso, lumpia, tahu susu, pisang goreng, mendoan dan masih banyak lagi

2. Tahu Petis Yudhistira

Tahu Petis Yudhistira di Semarang juga menjadi destinasi wisata kuliner yang wajib dikunjungi oleh wisatawan. Lokasinya berada di Pendrikan Kidul, tepatnya di dekat kampus Udinus. Meski kedainya terbilang mungil, tetapi setiap hari tahu petis di Semarang itu tak pernah sepi pengunjung.

Rasa dari tahu pong yang digunakan sangat gurih. Berpadu dengan sempurna ketika dicampur menggunakan bumbu petis dengan citarasa manis. Bumbu petis itu dibuat dengan campuran udah. Apalagi tekstur tahunya yang sangat lembut.

Selain rasanya yang enak, tahu petis di sana juga dibanderol dengan harga terjangkau. Untuk satu pcsnya, tahu petis itu dihargai sekitar Rp. 3.500. Banyak orang yang tertarik dengan rasa petisnya, karenanya kedai tersebut juga manawarkan bumbu petisnya saja

Bumbu petis itu dijual dengan harga sekitar Rp. 30.000 hingga Rp. 40.000 tergantung dari ukurannya. Sementara untuk camilan lain, mereka memiliki menu Lumpia dan Tahu Bakso.

3. Tahu Petis Amirah

Tahu Petis Amirah

Di kawasan Kembangsari, ada juga kedai yang menawarkan tahu petis. Kedai tersebut dikenal dengan nama Tahu Petis Amirah yang buka setiap hari untuk melayani permintaan pengunjung akan tahu petis.

Menurut banyak orang yang telah menjadi pelanggan, Tahu Petis Amirah memiliki rasa yang bereda dengan tahu petis kebanyakan di Semarang. Tahu yang digunakan itu digoreng hingga garing sehingga saat dimakan bertekstur renyah di bagian kulit tahu luar.

Sementara bagian tahu dalamnya sangat terasa lembut. Tahu tersebut diisi dengan bumbu petis yang sangat beraroma karena ada campuran bawang putihnya. Pemberian petisnya juga terbilang royal.

Sehingga ketika tahu tersebut dikunyah, petisnya sampai tumpah-tumpah. Satu porsi tahu petis di sini berisi 10 pcs yang dibanderol dengan harga sekitar Rp. 20.000. Satu porsi itu disajikan dengan bowl yang kekinian. Lokasinya berada di Jalan Depok No 47-49.

4. Tahu Petis Mataram

Tahu petis mataram Semarang/dtc

Tahu Petis Mataram, sebuah warung sederhana yang menawarkan menu tahu petis di Semarang. Tahu petis di sana disebut memiliki ciri khas tersendiri. Yaitu pada bentuk tahunya yang terbilang lebih tebal dibandingkan dengan tahu petis lainnya.

Tahu petis yang tebal itu kemudian diisi dengan petis. Pemberian petisnya juga tak tanggung-tanggung lho. Rasa petisnya cenderung manis dengan sedikit gurih. Sementara itu petisnya juga beraroma bawang putih yang begitu kuat.

Rupanya, Tahu Petis Mataram ini juga terbilang legendaris sejak puluhan tahun lalu. Karenanya banyak orang kembali datang untuk menikmati tahu petis di Semarang ini.

Untuk satu pcsnya, tahu petis tersebut dibanderol dengan harga sekitar Rp. 3.000. Lokasi warungnya dapat kamu temui di Jalan MT. Haryono No. 724 yang mulai buka dari pukul 18.30 hingga 22.000.

5. Tahu Petis Mantep Pak Min

Ilustrsi tahu petis Mantep Pak Min Semarang/ dtc

Ada warung tahu petis di Semarang yang juga terkenal legendaris. warungnya bernama Tahu Petis Mantep Pak Min yang sudah beroperasi sejak tahun 1989. Lokasinya berada di Jalan Kedumundu. Tepatnya berada di depan Asrama TNI AD Mrican.

Karena sudah legendaris sejak puluhan tahun lalu, soal rasa pada tahu petisnya sudah tidak diragukan lagi. Tahu petis yang ditawarkan di warung yang satu ini terkenal enak mantap, sesuai dengan nama pada warungya.

Teksturnya renyah di bagian luar dan juga lembut dibagian dalam. Tahu tersebut kemudian dibelah untuk disisipkan petis dalam jumlah yang terbilang royal. Sehingga ketika disantap, petisnya meleleh di dalam mulut.(lin/smol/dtc)

Tinggalkan Balasan