Rabu, 23 Juni 2021

Ini Jadwal Daftar Ulang bagi Kamu yang Lulus SBMPTN 2020 Unnes

SMOL.ID, SEMARANG – Sebanyak 3.654 calon mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) dinyatakan lolos lewat jalur SBMPTN 2020.

Dalam siaran persnya para calon mahasiswa Unnes yang lolos SBMPTN 2020 wajib daftar ulang atau registrasi sesuai pengumuman dari laman penerimaan.unnes.ac.id untuk menentukan proses status penerimaan peserta SBMPTN sebagai mahasiswa Unnes.

Dalam laman tersebut, bagi yang lulus SBMPTN, wajib isi borang atau dokumen isian data diri (data pokok) serta mengunggah atau upload dokumen yang dipersyaratkan sebagai dasar penetapan besaran UKT dan seleksi penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, sesuai dengan panduan pengisian.

Pengisian data pokok dilakukan secara daring melalui laman http://datapokok.unnes.ac.id mulai tanggal 16-19 Agustus 2020 pukul 23.59 WIB.

Kemudian, calon mahasiswa kecuali Mahasiswa Penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah membayar biaya pendidikan yang disebut Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang dibayarkan sama untuk setiap semester.

Besar biaya pendidikan yang harus dibayar setiap calon mahasiswa diumumkan bersamaan dengan pengumuman Mahasiswa Penerima KIP Kuliah pada tanggal 25 Agustus 2020 di laman http://datapokok.unnes.ac.id.

Untuk registrasi daring dan verifikasi registrasi, dijelaskan pertama terkait pembayaran biaya pendidikan dilakukan mulai 26 Agustus hingga 31 Agustus 2020 melalui BTN, BNI, dan BRI menggunakan nomor virtual yang diperoleh dengan cara masuk ke dalam https://datapokok.unnes.ac.id melalui menu Registrasi kemudian Pembayaran UKT.

Calon mahasiswa wajib melaksanakan dan menyelesaikan tahapan registrasi secara daring melalui laman http://datapokok.unnes.ac.id, mulai tanggal 26 Agustus s.d. 1 September 2020 dan mencetak formulir registrasi yang dipersyaratkan.

Dalam kegiatan Verifikasi Registrasi secara daring, calon mahasiswa wajib mengunggah hasil pindai atau scan berkas dalam bentuk JPEG/JPG maksimal 1 MB yang meliputi bukti setor lunas pembayaran biaya pendidikan asli, kartu peserta SNMPTN 2020, Ijazah atau Surat Keterangan Lulus (SKL) tahun 2020 yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah, surat keterangan kewarganegaraan bagi Warga Negara Asing (WNA).

Calon mahasiswa juga harus mencetak dokumen registrasi daring melalui laman http://datapokok.unnes.ac.id yang meliputi:
Formulir Registrasi (R1), Surat Pernyataan menaati peraturan (R2) di Unnes dan Pakta Integritas Universitas Negeri Semarang (R3), bukti Registrasi. Khusus bagi calon mahasiswa penerima KIP Kuliah wajib melampirkan Surat Pernyataan Peserta Penerima KIP Kuliah (R5), Pengumpulan berkas R1, R2, R3, R4, dan R5 akan diinformasikan lebih lanjut di laman BAKK (http://baakk.unnes.ac.id).

“Alhamdulillah proses UTBK-SBMPTN berjalan lancar, dari mulai persiapan, pelaksanaan UTBK, sampai pengumuman pada hari ini. Saya menyampaikan selamat kepada calon mahasiswa yang dinyatakan lulus oleh LTMPT. Bagi yang belum beruntung, terus semangat untuk mengikuti seleksi berikutnya. Unnes masih membuka pendaftaran seleksi jalur mandiri sampai tanggal 23 Agustus,” kata Rektor Unnes, Fathur Rokhman dalam siaran persnya, Jumat (14/8/2020).

Wakil Rektor Bidang Akademik, Zaenuri menambahkan ada 37.796 orang yang memilih Prodi di Unnes dan dari hasil seleksi lulus 3.654 calon mahasiswa yang diumumkan online hari ini.

“Jumlah peserta yang dinyatakan lulus seleksi di Unnes sebanyak 3.654 orang. Jumlah peserta yang dinyatakan lulus tersebut merupakan hasil seleksi dari pendaftar UTBK SBMPTN 2020 yang memilih prodi di Unnes sebanyak 37.796 orang, dengan rincian pendaftar yang menjadikan pilihan Program Studi pilihan pertama sebanyak 15.625 pendaftar dan sebanyak 22.171 pendaftar pada Prodi Pilihan Kedua. Dari 3.654 yang dinyatakan lulus terdapat 1.182 yang mendaftar menggunakan KIP Kuliah,” jelas Zaenuri.

Untuk diketahui, persebaran penerimaan mahasiswa Unnes jalur SBMPTN tahun 2020 Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) pada 6 program studi (Prodi) sebanyak 446 calon mahasiswa, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) pada 15 prodi sebanyak 596 calon mahasiswa, Fakultas Ilmu Sosial (FIS) 8 prodi sebanyak 426 calon mahasiswa, Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) 14 prodi sebanyak 503 calon mahasiswa, Fakultas Teknik (FT) 14 prodi sebanyak 518 calon mahasiswa, Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) 6 prodi sebanyak 353 calon mahasiswa, Fakultas Ekonomi (FE) 6 prodi sebanyak 556 calon mahasiswa dan Fakultas Hukum (FH) 1 prodi akan menerima 256 calon mahasiswa.(lin/smol/dtc)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERBARU

LAINNYA