Senin, 8 Maret 2021

Doa Nabi Ayyub agar Diangkat Penyakitnya

SMOL.ID – Nabi Ayyub AS seperti yang dikisahkan dalam Al-Qur’an, beliau diuji oleh Allah SWT dengan penyakit yang tak bisa sembuh bertahun-tahun.

Namun demikian, Nabi Ayyub AS tak pernah menyerah dan terus memohon kesembuhan atas penyakitnya tersebut kepada Allah SWT. Doa Nabi Ayyub AS terabadikan dalam Al-Qur’an surat Al Anbiyaa ayat 83 dikutip dari buku ‘kumpulan-kumpulan doa’:

“Robbi annii massaniyadh dhurru wa anta arhamar roohimiin.”

Artinya: ” Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang.”

Selain itu, ada juga doa yang dibaca Rasulullah SAW saat ada keluarganya yang sakit. Seperti diriwayatkan Aisyah RA, putri Nabi Muhammad SAW:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَاسَ، اشْفِهِ وَأَنْتَ الشَّافِي، لاَ شِفَاءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ، شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Allāhumma rabban nāsi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syāfi. Lā syāfiya illā anta syifā’an lā yughādiru saqaman

Artinya: “Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri.” (HR Bukhori).

Doa ini dapat dibaca 7 kali dengan harapan agar diangkat penyakitnya:

أَسْأَلُ اللهَ العَظِيْمَ رَبَ العَرْشِ العَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

As’alullāhal azhīma rabbal ‘arsyil ‘azhīmi an yassfiyaka

Artinya: “Aku memohon kepada Allah yang agung, Tuhan arasy yang megah agar menyembuhkanmu.” (HR Abu Dawud dan At-Tirmidzi).

Kemudian, doa ini dibaca untuk memohon kesembuhan, pengampunan, dan perlindungan pada Allah SWT.

شَفَى اللهُ سَقَمَكَ، وَغَفَرَ ذَنْبَكَ، وَعَافَاكَ فِي دِيْنِكَ وَجِسْمِكَ إِلَى مُدَّةِ أَجَلِكَ

Syafākallāhu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa ‘āfāka fī dīnika wa jismika ilā muddati ajalika

Artinya: “Wahai (sebut nama orang yang sakit), semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu, dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta fisikmu sepanjang usia.” (HR Ibnu Sunni). (umma.id – aa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERBARU

LAINNYA