Resep Odading Khas Bandung Seperti Buatan Mang Oleh

37
Resep odading khas Bandung. Foto: dok. dtc / Siti Fatimah

SMOL.ID – JAKARTA – Gara-gara sebuah video yang dibuat Ade Londok dengan nada ngegas berisi promosi jajanan odading ternyata berhasil membuat kudapan sederhana ini jadi viral.

Odading adalah jajanan khas Bandung yang dibuat dengan campuran ragi, tepung dan gula. Odading juga sering disebut dengan roti goreng. Rasanya manis dan teksturnya empuk sehingga sangat cocok dijadikan sebagai teman minum kopi ataupun teh.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat odading tidak rumit. Bahannya sangat mudah didapatkan dan cara membuatnya juga terbilang mudah. Beberapa orang juga sering menikmati odading dengan menambahkannya bubuk gula agar rasanya lebih manis.

Tak bisa berkunjung ke Odading Mang Oleh? Yuk, bikin saja sendiri odading enak di rumah dengan resep ini:
Resep odading

Bahan:

250 gr tepung terigu protein tinggi
1 butir telur
2 sdm gula pasir
2 sdm susu kental manis
2 sdm margarin
1 sdt ragi instan
70 ml air hangat
Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:

– Bahan biang: campur ragi instan dengan gula dan air hangat, aduk rata sampai gula dan ragi larut. Diamkan 10-15 menit sampai berbusa untuk menandakan ragi masih aktif.
– Campurkan tepung terigu, telur, susu kental manis, margarin dan masukkan bahan biang sedikit demi sedikit, uleni sampai kalis dan tidak lengket ditangan.
– Bentuk bulat dan diamkan selama 1 jam hingga mengembang.
– Bentuk pipih memanjang dan diamkan lagi sekitar 15 menit dan potong kotak-kotak, oleskan permukaannya dengan air matang dan taburi gula.
– Goreng odading sampai kecokelatan, angkat dan sajikan.

Tentunya resep odading ini rasanya mirip dengan Odading Pak Soleh Bandung. Tertarik mencoba? (sal/smol/dtc)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here