Ganjar Pranowo: Kondisi UKM Kita Mulai Terasa Bangkit

14
Foto: Dok. Pemprov Jateng

SMOL.ID – JAKARTA – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyemangati para pelaku UKM seperti saat mengunjungi Magelang. Dalam kunjungan tersebut, Ganjar menyempatkan diri mampir ke sejumlah UKM unggulan di kawasan Candi Borobudur.

Tak hanya menengok, ia juga memborong produk UKM, membuat vlog, serta mempromosikan produk tersebut melalui media sosialnya.

“Penting untuk kita mendorong, memfasilitasi dan melihat para pelaku UKM agar mereka tetap bertahan. Meskipun belum bisa pulih, tapi setidaknya saya akan terus kasih semangat mereka semuanya, agar memiliki mental baja menghadapi pandemi dalam berbisnis,” ujar Ganjar dalam keterangan tertulis, Sabtu (19/9/2020).

Lebih lanjut Ganjar mengatakan ekonomi para UKM perlahan mulai bangkit karena banyak diantara mereka yang mengoptimalkan media sosial dalam pemasaran. Hal itu berdampak cukup signifikan.

“Kondisi UKM kita mulai terasa bangkit, tapi kalau kembali seperti dulu, belum. Maka ayo kita bergerak, mereka yang mampu saya harap membantu industri kecil ini dengan cara membeli produknya, membantu memasarkan dan lainnya. Mari kita bantu mereka agar tetap survive,” jelasnya.

Tak hanya itu, Ganjar juga mengajak seluruh aparatur sipil negara (ASN) untuk peduli pada nasib pelaku UKM di Jawa Tengah. Mereka diminta membangun solidaritas dan mengamalkan Pancasila.

“Yang PNS bantu beli dong. Kita kan dapat rejeki tiap bulan, anggap saja kita membantu yang lain dengan cara membangun solidaritas. Mungkin banyak orang yang hafal Pancasila, tapi mengamalkan kemanusiaan yang adil dan beradab kan tidak mudah. Maka kita tunjukkan saat ini,” pungkasnya.

Sementara itu, pemilik UKM Makanan Berkah Abadi, Mega, merasa senang dan bangga mendapat dukungan langsung dari Gubernur Jawa Tengah. Ia mengaku pandemi memang membuat omzet bisnis olahan makanan yang ditekuni merosot tajam.

“Senang sekali, jadi tambah semangat. Saat ini memang mulai agak membaik, tapi belum pulih seperti sebelumnya. Harapannya, semoga pandemi segera berakhir,” ujar Mega.

Hal senada juga disampaikan Hartini, pemilik UKM Getuk Marem Magelang. Hartini mengatakan pandemi membuat usahanya sempat tidak beroperasi selama tiga bulan.

“Sekarang sudah membaik, mulai produksi lagi. Senang sekali dapat semangat dari pak Ganjar, membuat semakin optimis,” ungkapnya. (sal/smol/dtc)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here