Senin, 8 Maret 2021

Doa Pagi Hari yang Bisa Diamalkan Setiap Hari

SMOL.ID – JAKARTA – Membaca doa pagi hari menjadi salah satu amalan yang dianjurkan Rasulullah. Seperti yang diriwayatkan Abu Dawud, Rasulullah SAW dan nabi pernah berdoa, “Ya Allah berkahilah untuk umatku waktu pagi mereka.”

Doa pagi hari juga diriwayatkan dalam sejumlah hadits. Abu Hurairah RA meriwayatkan beberapa doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Berikut ini di antaranya:

اَللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا وَبِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوْتُ، وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ

Allāhumma bika ashbahnā, wa bika amsainā, wa bika nahyā, wa bika namūtu, wa ilaikan nusyūru.

Artinya: “Ya Allah, dengan-Mu aku berpagi hari, dengan-Mu aku bersore hari, dengan-Mu kami hidup, dengan-Mu kami mati. Hanya kepada-Mu (kami) kembali,” (HR Abu Dawud, At-Turmudzi, Ibnu Majah, dan lainnya).

Selain doa pagi hari, membaca dzikir di pagi hari juga memiliki keutamaan sendiri. Sebagaimana dalam riwayat Bukhari, “Barang siapa yang membacanya dengan yakin pada sore hari, lalu ia meninggal dunia pada malam harinya, niscaya ia masuk surga. Demikian pula jika dibaca pada pagi hari.”

“Ya Allah sesungguhnya aku pada waktu pagi bersaksi kepada-Mu, malaikat yang memikul ‘Arasy-Mu, malaikat-malaikat dan seluruh makhluk-Mu, sesungguhnya Engkau adalah Allah, tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau Yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Mu dan sesungguhnya Muhammad adalah hamba dan utusan-Mu.” (HR. Abu Dawud).

Dilansir dalam buku ‘Dahsyatnya Amalan 24 Jam Rasulullah’ oleh Abu Najib Abdillah, jika doa ini dibaca empat kali pada waktu pagi dan sore maka keutamaannya adalah sebagaimana sabda Rasulullah SAW, “Barang siapa membaca doa ini sebanyak empat kali ketika pagi dan sore hari, niscaya Allah akan membebaskannya dari api neraka.” (HR. Abu Dawud).

“Ya Allah, nikmat yang kuterima atau diterima oleh seseorang di antara makhluk-Mu di pagi ini adalah dari-Mu. Maha Esa Engkau, tiada sekutu bagi-Mu panjatan syukur (dari seluruh makhluk-Mu).” (HR. Abu Dawud).

Rasulullah bersabda, “Barang siapa membaca doa ini ketika pagi hari, sesungguhnya ia telah bersyukur pada hari itu. Dan siapa yang membacanya ketika sore hari, sesunguhnya ia telah bersyukur pada malam itu.” (HR. Abu Dawud).

“Ya Allah, selamatkan tubuhku (dari penyakit dan yang tidak aku inginkan). Ya Allah, selamatkan pendengaranku (dari penyakit dan maksiat atau sesuatu yang tidak aku inginkan). Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kekufuran dan kefakiran. Aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur, tiada Tuhan (yang berhak disembah) kecuali Engkau.” (HR. Abu Dawud).

Doa pagi hari tersebut bisa dibaca tiga kali pada waktu pagi dan sore hari. (sal/smol/dtc)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERBARU

LAINNYA