Newcastle Vs MU: Setan Merah Menang 4-1

8
Manchester United menang 4-1 atas Newcastle United. (Foto: Getty Images/Alex Pantling)

SMOL.ID – JAKARTA – Kebobolan gol cepat tak membuat mental Manchester United rontok di markas Newcastle United. MU bangkit dan memetik kemenangan 4-1.

Laga Newcastle United vs Manchester United dalam lanjutan Liga Inggris digelar di St James’ Park, Minggu (18/10/2020) dini hari WIB.

MU sudah kebobolan di menit kedua saat sepakan Emil Kraftf membentur kaki Luke Shaw dan masuk ke gawang. MU langsung menata diri dan mengontrol penuh laga, hingga akhirnya menyamakan skor melalui Harry Maguire di menit ke-23.

Tapi kemenangan datang cukup terlambat untuk MU. Bruno Fernandes mengubah skor jadi 2-1 di menit ke-86, lalu Aaron Wan-Bissaka dan Marcus Rashford menegaskan kemenangan dengan gol di menit ke-90 dan 96.

Dengan hasil ini, MU naik ke posisi 14 klasemen sementara dengan enam poin dari empat laga. Sedang Newcastle ada di urutan 11 dengan tujuh poin dari lima pertandingan.

Jalannya Pertandingan

Baru dua menit pertandingan berjalan, MU sudah kebobolan. Newcastle menusuk dari kanan melalui Emil Krafth yang kemudian melepaskan umpan silang. Bola membentur kaki Luke Shaw dan mengecoh David de Gea, sebelum akhirnya masuk ke gawang.

MU bermain tenang meski kebobolan cepat. Namun upaya untuk menciptakan peluang menghadapi rapatnya pertahanan Newcastle.

GOL! MU mencetak gol di menit ke-20 lewat kerja sama apik Juan Mata dan Bruno Fernandes. Menerima sodoran Mata, Fernandes melepaskan tembakan melengkung ke pojok kanan atas. Tapi gol dianulir karena Mata lebih dulu dalam posisi offside.

MU benar-benar mencetak gol tiga menit berselang. Dari sepak pojok, umpan lambung Mata disambar Harry Maguire dan tandukannya menghujam gawang.

Newcastle menebar ancaman serius untuk MU di menit ke-31. Allan Saint-Maximin menusuk dari sisi kiri, lalu melepaskan tembakan keras ke tiang dekat. David de Gea sigap menepis, tapi ia sempat kesakitan karena menabrak tiang gawang.

MU merespons tujuh menit kemudian. Daniel James merangsek lewat tengah dan mengoper ke Wan Bissaka di kanan. Entah berniat mengumpan atau menembak langsung, tapi sepakan Wan Bissaka mengarah ke pojok kiri atas gawang dan ditepis oleh Karl Darlow.

Peluang lain untuk MU di menit ke-38. Darlow mencoba menghalau umpan sepak pojok MU, tapi bola malah jatuh di kaki Marcus Rashford yang langsung mengarahkannya ke gawang. Jamal Lascelles dalam posisi tepat untuk menyapu di garis gawang.

MU terus menekan Newcastle. Sepakan Rashford di menit ke-43 masih bisa diantisipasi oleh Darlow. Babak pertama berakhir sama kuat 1-1.

Newcastle membangun serangan bagus di menit ke-51. Saint-Maximin menusuk lalu mengirim umpan yang coba diselesaikan Callum Wilson dari jarak dekat. Tapi David de Gea bisa menghentikannya.

Penalti! MU mendapatkan hadiah penalti di menit ke-57 setelah Video Assistant Referee (VAR) meninjau insiden jatuhnya Rashford. Setelah melihat tayangan ulang, wasit memutuskan Jamal Lewis melakukan pelanggaran.

Fernandes maju sebagai eksekutor dan mengarahkan tembakan ke kiri, tapi ditebak dan ditepis oleh Darlow. Newcastle berhasil mengamankan situasi.

Peluang lain untuk MU di menit ke-60. Umpan dari sepak pojok disambut sundulan Maguire yang mengarah ke pojok kiri gawang. Jonjo Shelvey ada di posisi tepat untuk menghalau bola dari masuk ke gawang.

Darlow membuat penyelamatan bagus ketika sigap menutup ruang tembak Rashford di menit ke-67. Hakim garis memang mengangkat bendera, tapi tayangan ulang menunjukkan Rashford ternyata onside. Situasi bisa berbeda jika Rashford mencetak gol.

Upaya MU baru membuahkan hasil di menit ke-86 lewat serangan balik. Umpan akurat Mata diterima Rashford yang menusuk di sisi kiri.

Rashford bergerak memotong, lalu mengoper ke Fernandes yang tak terkawal. Fernandes dengan tenang mengarahkan bola ke pojok kanan atas dari sudut sempit.

GOL! MU mengunci laga dengan gol ketiga di menit ke-90. Newcastle kehilangan bola, membiarkan Wan-Bissaka menyerang dan melakukan umpan 1-2 dengan Rashford. Bek kanan MU itu melepaskan tembakan keras yang tak kuasa dihentikan Darlow.

MU membuat gol keempat di menit ke-95. Rashford lolos di sisi kiri dan menerima umpan panjang dari Fernandes. Ia merangsek ke tengah dan sukses menaklukkan Darlow.

Sampai laga tuntas, tak ada lagi gol tercipta.

Susunan pemain:

Newcastle United: Karl Darlow; Emil Krafth, Jamaal Lascelles, Federico Fernandez, Jamal Lewis; Jeff Hendrick (Miguel Almiron 88′), Jonjo Shelvey, Isaac Hayden (Fabian Schar 49′), Allan Saint-Maximin; Callum Wilson, Joelinton (Ryan Fraser 72′)

Manchester United: David de Gea; Aaron Wan-Bissaka, Victor Lindelof, Harry Maguire, Luke Shaw; Scott McTominay, Fred (Pogba 69′); Juan Mata (Nemanja Matic 92′), Bruno Fernandes, Daniel James (Donny van de Beek 76′); Marcus Rashford (sal/smol/dtc)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here