Rabu, 21 April 2021

Begini Aturan Minum Teh Hijau untuk Turunkan Berat Badan

SMOL.ID – JAKARTA – Manfaat teh hijau untuk diet ini berguna untuk kamu yang tengah turunkan berat badan.

Perhatikan aturan minumnya untuk mendapat hasil maksimal.
Selain teh hitam, banyak orang mengawali pagi dengan minum teh hijau. Jenis teh ini menawarkan aroma dan rasa yang lembut. Manfaat sehatnya juga banyak.

Pasalnya teh hijau tinggi antioksidan yang bagus untuk kesehatan jantung hingga otak. Bagi yang tengah diet, konsumsi teh hijau juga sangat disarankan.

Teh hijau bisa meningkatkan pembakaran lemak sehingga berat badan cepat turun. Namun supaya hasilnya maksimal, konsumsilah teh hijau dengan cara yang tepat.

Berikut manfaat teh hijau untuk diet dan aturan minumnya:

1. Mengapa teh hijau bagus untuk turunkan berat badan?

Dikutip dari Times of India (27/10), teh hijau membuat metabolisme tubuh lebih efisien. Metabolisme sendiri merupakan proses tubuh mengubah makanan dan minuman menjadi energi yang siap dipakai.

Pada teh hijau terdapat kandungan flavonoid catechin yaitu antioksidan yang bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Sebuah penelitian tahun 2010 menemukan suplemen teh hijau yang mengandung kafein atau catechin memiliki dampak kecil, namun positif untuk program penurunan berat badan.

Minum teh hijau sangat direkomendasikan untuk pelaku diet, tentunya juga harus diimbangi dengan pola hidup sehat secara menyeluruh. Seperti rutin olahraga dan konsumsi buah dan sayur dalam jumlah cukup.

2. Berapa banyak teh hijau yang harus dikonsumsi untuk turunkan berat badan?
Manfaat teh hijau untuk diet memang sudah terbukti, namun usahakan kamu mengonsumsinya secara tepat. Jumlah yang disarankan adalah 2-3 cangkir teh hijau per hari.

Hal ini berdasarkan hasil penelitian Maryland Medical Centre. Namun untuk jumlah tepatnya, konsumsi teh hijau bisa berbeda antar orang karena tergantung metabolisme alami mereka.

3. Bagaimana cara meracik teh hijau?
Setelah memperhatikan jumlahnya, ketahui juga cara meracik teh hijau yang benar. Teh ini membutuhkan waktu penyeduhan yang berbeda dari teh hitam.

Suhu air yang digunakan tidak boleh terlalu panas atau mendidih karena bisa merusak kandungan catechin. Untuk rasa terbaik dan manfaat paling maksimal, rebus air hingga mendidih lalu dinginkan 10 menit.

Setelah itu tuangkan ke teh hijau celup atau daun teh hijau kering. Biarkan rendaman ini selama 10 menit sebelum kamu meminumnya.

4. Jenis teh hijau terbaik

Minum Teh Hijau dan Kopi Bisa Turunkan Risiko Kematian Penderita DiabetesFoto: iStock
Di pasaran teh hijau tersedia dalam banyak jenis, namun untuk turunkan berat badan, pilih teh hijau yang tidak melalui banyak pemrosesan.

Daun teh hijau kering bisa jadi pilihan karena kandungan nutrisinya masih lebih lengkap. Lalu untuk kalori tak perlu khawatir karena teh hijau mengandung hampir 0 kalori.

5. Teh hijau bersifat diuretik alami
Alasan lain teh hijau bagus untuk diet adalah karena bersifat diuretik alami. Konsumsinya secara rutin baik untuk memerangi retensi cairan.

Minum teh hijau bahkan dikaitkan dengan pengurangan lemak tubuh sampai 90 persen. Untuk hasil terbaik lainnya, kamu juga bisa mengonsumsi matcha. Berupa jenis teh hijau bubuk asal Jepang yang kaya manfaat.

6. Cara memilih matcha yang bagus

Matcha tersedia dalam beragam jenis di pasaran, tapi kalau mau yang bagus pilihlah yang asli Jepang. Harganya memang relatif lebih mahal, namun manfaat sehatnya tak perlu diragukan.

Pemakaian matcha asli tak perlu banyak. Cukup 4 gram saja lalu seduh dengan air bersuhu 70 derajat Celcius selama 30 detik. Matcha mengandung EGCG dan kafein. Ketika digabungkan, campuran dua senyawa ini bisa menurunkan berat badan.

7. Waktu terbaik minum teh hijau
Manfaat teh hijau untuk diet bisa dimaksimalkan dengan meminumnya pada waktu yang tepat. Usahakan minum teh hijau, tanpa gula, tepat sesaat setelah makan.

Lakukan hal ini jika kamu tidak memiliki perut yang sensitif. Pasalnya teh hijau bersifat basa dan merangsang sekresi cairan ekstra lambung.

Para ahli juga menyarankan minum teh hijau di pagi dan sore hari. Bagi kamu yang sulit tidur harus menghindari minum teh hijau di waktu-waktu jelang tidur. (aa/smol/dtc)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERBARU

LAINNYA