Desainer Semarang Ikut Russia Fashion Week 2020

9

SMOL.ID – RUSIA – Sebanyak 10 desainer dan 4 brand aksesori fashion asal Indonesia terpilih dalam ajang Virtual Fashion Show Mercedes-Benz Fashion Week Russia, yang diselenggarakan belum lama ini.

Menghadirkan rancangan yang berkonsep ‘sustainable fashion’ merupakan benang merah menjadi kesamaan di antara desainer dan brand tersebut.

Mereka adalah Vivi Zubaedi, Agung Bali Collection x Bahalap, Ardhy Alie, Anggia x Beadstown Roemah Kebaya Vielga, Thiffa Qaisty, IR & IR, Defika Hanum x PALA Nusantara and shoes by UJ Yuna, serta desainer asal Semarang, Ina Priyono, dan brand tas Rorokenes yg berkolaborasi dengan Wingyo.

Seperti yang telah disebutkan di awal, para desainer yang menyuguhkan modest fashion tersebut mengusung konsep ‘sustainable’, yang merupakan syarat utama untuk busana yang ditampilkan dalam virtual fashion show. Yakni menggunakan bahan baku serta SDM lokal, yang tujuannya pun untuk menggerakkan perekonomian lokal.

Secara umum, tren mode global telah bergeser pada prinsip yang mengutamakan ramah lingkungan dan keterlibatan masyarakat.

‘Sustainable fashion’ menjadi sebuah gerakan baru yang serius dalam dunia fashion.
Begitu juga dengan desainer Indonesia yang mulai menerapkan prinsip terssebut. Ina Priyono sebagai perwakilan desainer dari Semarang, mengemas Batik Lasem, yang menjadi material utama rancangannya, kedalam modest wear yang berjudul “Portionate”.

Koleksi ready to wear yang bergaya neat-feminine tersebut mengusung warna-warna ‘membumi’ (earthy tone). Merah tua, biru muda, kuning, cokelat dan hitam. Menggunakan material lokal dan minim limbah, bukan hal baru baginya.

Garis rancangannya sendiri memiliki filosofi bahwa hidup harus bisa mengatur dan memiliki keseimbangan dalam diri kita sendiri, keluarga, dan pekerjaan. Semuanya harus berjalan secara harmoni dan selaras.

Virtual Fashion Show tersebut didukung oleh Bank Indonesia, Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) dan Industri Kreatif Syariah Indonesia (IKRA). (Tia/aa/smol)

Berita sebelumyaMemasuki New Normal Perajin Gerabah Kasongan Kewalahan Penuhi Permintaan Pasar
Berita berikutnyaHendi Kembali Raih Predikat ‘People Of The Year’

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here