Minggu, 17 Januari 2021

KONI Banjarnegara Siapkan Kejuaraan Usia Pelajar

SMOL.ID – BANJARNEGARA – Menindaklanjuti keluhan para guru olahraga yang ada di Banjarnegara terkait Pekan Olahraga Pelajar tahun 2021, KONI Banjarnegara Nurohman Ahong siap untuk menggelar kejuaraan olahraga usia pelajar.

Ketua KONI Banjarnegara mengatakan, usulan dan rencana kegiatan tersebut berawal dari usulan para pegiat olahraga di tingkat sekolah yang diwakili oleh pengurus kabupaten PJOK SD, MGMP SMP, dan SMA yang ada di Banjarnegara yang merasa prihatin dengan batasan usia pada POPDA tahun 2021 ini.

Sesuai dengan aturan yang ada, POPDA tahun ini dibatasi dengan usia kelahiran 2004, tidak ada lagi pemisahan sesuai dengan klasifikasi usia sekolah, sehingga untuk cabang tertentu akan sulit dalam persaingan.

“Aturan dari pusat memang seperti itu, sehingga KONI Banjarnegara merasa tergugah untuk ikut terjun dalam pembinaan usia pelajar, nantinya peserta mewakili klub atau cabang olahraga yang ada,” katanya.

Selain itu, dalam pelaksanaannya, pembatasan klasifikasi kejuaraan mengacu pada POPDA tahun sebelumnya, yakni berdasar pada usia dan jenjang pendidikan.

“Ini kami lakukan agar regenerasi dan pembinaan olahraga tidak terputus. Untuk itulah kami siap untuk menggelar Kejurkab Usia Pelajar, jadi ini bukan POPDA, tetapi Kejurkab yang aturannya mengacu pada POPDA sebelumnya. Peserta juga bukan mewakili sekolah, tetapi klub pembinaan, bisa saja ini dari klub sekolah atau lainnya,” ujarnya.

Terkait pelaksanaan, Nurohman Ahong mengaku jika kegiatan tersebut rencananya akan dilaksanakan setelah proses vaksinasi selesai, artinya izin penyelenggaraan sudah kembali dibuka, dan anggaran kegiatan ini akan disiapkan oleh KONI Banjarnegara.

Menurutnya, selama ini POPDA menjadi acuan atau pembinaan atlet di kalangan pelajar, sehingga adanya aturan baru dalam POPDA tahun 2021 ini membuat tidak semua atlet dapat mengikuti kejuaraan, sehingga harus ada wadah lain agar pembinaan olahraga usia muda khususnya kalangan pelajar tetap berjalan dengan baik.

“Saat ini secara nasional vaksinasi covid 19 sedang berjalan, dan diprakirakan akan selesai pada April atau Mei, jika sudah normal, maka kami agendakan Kejurkab Usia Pelajar ini akan digelar sekitar Juni atau Juli 2021, dengan catatan proses vaksinasi sudah selesai dan izin kegiatan sudah normal,” ujarnya. Humas KONI Banjarnegara (Dimas D. Pradikta/aa/smol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru

Popular

Komentar