Minggu, 24 Januari 2021

DPRD Dukung Pemerintah Beri Vaksin Covid pada Masyarakat

SMOL.ID – YOGYAKARTA – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta, (DPRD DIY), mendukung langkah pemerintah untuk menjalankan vaksin Covid-19 yang diperuntukkan kepada masyarakat.

Apa yang dilakukan ini, dalam upaya memutus mata rantai penyebaran penyakit menular Covid-19. Apalagi orang nomor satu di Indonesia, Presiden Joko Widodo menjadi orang pertama yang divaksin.

Hal ini membuktikan kalau vaksin Covid-19 aman bagi masyarakat. Berkaitan dengan itu, DPRD DIY mendukung langkah pemerintah dalam melakukan vaksin Covid-19 kepada masyarakat.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana dengan didampingi Danang dari Fraksi Gerindra, Aslam Ridlho dari Fraksi PKB serta Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto di Gedung Wakil Rakyat, Jalan Malioboro, Yogyakarta, Kamis (14/1).

“Langkah vaksinasi terhadap Presiden Joko Widodo, menjadi teladan masyarakat cegah Covid-19,” kata Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY dari Fraksi PDI Perjuangan.

Secara khusus, Eko Suwanto, yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Yogyakarta mengajak, masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan, jaga jarak, pakai masker, rajin cuci tangan dengan air mengalir dan berperilaku hidup bersih sehat.

“Vaksin merupakan salah satu instrumen pencegahan, tapi juga harus didukung kebiasaan hidup sehat, menjaga daya tahan tubuh dan menjalankan secara disiplin protokol kesehatan. Semoga jadi langkah baik guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ujar Eko Suwanto

Eko menambahkan, bahwa sesuai Perintah Pembukaan UUD NRI 1945, Pemerintah Negara Indonesia melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia. Terkait hal ini, maknanya Pemerintah wajib sediakan vaksin yang baik dan berkualitas bagi masyarakat secara gratis.

“Selain itu, Pemerintah juga harus memfasilitasi penelitian dengan pelibatan para pakar dan dukungan anggaran yang cukup agar bisa kembangkan vaksin secara berdikari,” kata Eko Suwanto.

Eko Suwanto menambahkan bahwa dari informasi yang diperoleh, jumlah vaksin yang diterima DIY sejumlah 26.800. “DIY menerima 26.800 vaksin, rencananya untuk Yogyakarta 9800 dan Sleman 12.380. Sementara yang 4.620 belum didistribusikan. Wilayah lain akan menyusul.

”Kita berharap kedepan Pemerintah dapat mengembangkan dan membuat vaksin secara berdikari. Dan sebagaimana saya tegaskan sebelumnya, sesuai dengan perintah Konstitusi, Pemerintah wajib sediakan vaksin untuk seluruh rakyat secara cuma cuma,” tambah Eko Suwanto.

Sementara anggota dewan yang hadir dalam acara tersebut menyatakan, mendukung langkah pemerintah dalam melakukan vaksin Covid-19. Apalagi vaksin ini untuk memutus penyebaran virus jahat yang sedang melanda di berbagai negara di dunia.

Menyinggung soal pimpinan dewan yang tidak hadir dalam pelaksanaan vaksin Covid-19 di Bangsal Keoatihan, Pemda DIY, Huda Tri Yudiana, Wakil DPRD DIY, kebetulan orang yang ditunjuk mewakili pimpinan DPRD DIY sedang sakit sepulang dari Jakarta.

Sehingga yang bersangkutan tidak bisa hadir untuk mengikuti acara tersebut. ”Kalau seandainya bisa digantikan, saya siap menggantikan. Karena nama itu, sudah ditunjuk oleh pemerintah pusat,” jelas Huda. (Rangga Permana/aa/smol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru

Lainnya

Komentar