Rabu, 20 Januari 2021

Wali Kota Jaksel Marullah Matali Terpilih Jadi Sekda DKI Jakarta

SMOL.ID, JAKARTA – Wali Kota Jakarta Selatan (Jaksel) Marullah Matali terpilih menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta. Marullah Matali terpilih dari tiga kandidat Sekda lainnya yang diusulkan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

“Betul, dia terpilih dari 3 kandidat yang diusulkan Pak Gub ke Presiden sejak 4 minggu lalu ya,” kata Wakil Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta, Syarif, Kamis (14/1/2021).

Syarif menyebutkan bahwa surat keputusan (SK) pengangkatan Marullah Matali sebagai Sekda DKI Jakarta telah dikeluarkan oleh Sekrerariat Presiden sejak Senin (11/1/2021) lalu. Saat ini, kata dia, hanya menunggu waktu pelantikan.

“Sejak Senen siang sudah ditetapkan, dikepreskan, tinggal Pak Gubernur menjadwalkan tanggal dan hari pengambilan sumpah saja,” jelasnya.

Kendati demikian, Syarif mengaku belum mengetahui secara pasti kapan Anies akan melantik Marullah Matali sebagai Sekda DKI Jakarta. Ia meminta agar pelantikan segera terlaksana.

“Info yang saya dapat kemungkinan (antara) Jumat atau Senen. Saya menyarankan kepada Gub supaya lebih cepat. besok Jumat dapat dilantik, pengambilan sumpah/atau pelantikan,” ucapnya.

Sebelummya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menyelesaikan tahapan seleksi terbuka calon Sekretaris Daerah (Sekda) DKI. Ada 3 nama yang lolos.

Ketiga nama yang lolos yakni, Sri Haryati, yang saat ini menjabat Asisten Sekda Bidang Ekonomi; Marullah Matali, menjabat sebagai Wali Kota Jakarta Selatan; dan Sigit Wijatmoko, menjabat sebagai Wali Kota Jakarta Utara.

Marullah Matali usia 52 tahun saat ini menjabat sebagai Walikota Kota Administrasi Jakarta Selatan sejak 5 Juni 2018. ASN golongan IV-C ini memiliki pendidikan terakhir S2 Hukum Islam dari IAIN Jakarta.

Dilansir dari website Pemkot Jakarta Selatan, selatan.jakarta.go.id, terlihat ada sejumlah jabatan yang pernah dijabat Marullah sebelum duduk di kursi Wali Kota Jakarta Selatan. Di antaranya Staf Biro Bina Mental Spiritual Provinsi DKI Jakarta hingga Kepala Seksi Bina Lembaga Mental Dinas Bintal dan Kesos Prov DKI Jakarta.

Marullah juga pernah mendapat penghargaan yakni, Penghargaan Masa Kerja 15 Tahun dari Gubernur Provinsi DKI Jakarta (2011) dan Penghargaan Satyalancana Karya Satya KL. 1 dari Presiden RI (2012).

Seperti diketahui, pemilihan calon Sekda DKI Jakarta ini dilakukan setelah Sekda sebelumnya, Saefullah meninggal dunia karena terpapar Covid-19.(lin/smol/dtc)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru

Popular

Komentar