Kamis, 4 Maret 2021

RSUD Karanganyar Overload, Penderita Covid Membeludak

SMOL.ID, KARANGANYAR – RSUD Karanganyar mengalami overloaded gegara jumlah penderita covid membeludak.

Setidaknya ada kurang lebih 5 pasien setiap hari mengantre. Mereka sementara ditempatkan di Instalasi Gawat Darurat (IGD).

‘’Jika kondisinya masih bisa ditoleransi artinya baik-baik saja, mereka dirapid antigen. Jika reaktif mereka langsung menjalani swab. Jika positif mereka diminta menunggu sampai ada kamar isolasi kosong karena pasien sembuh. Setelah disterilkan baru masuk,’’ kata Dirut RSUUD Karanganyar dr Iwan Setiawan Sp THT, Senin.

Sejauh ini pelayanan di rs itu masih berjalan baik, meski ada sejumlah tenaga kesehatan RSUD baik dokter maupun perawat yang juga tertular corona.

Pihak RSUD terpaksa mencari pengganti nakes untuk menangani pasien corona. Sedangkan jumlah nakes di bangsal noncovid juga terbatas.

Direktur Pelayanan Medik dr Kristanto Setiawan mengakui, ada sejumlah nakes positif covid. Namun ia enggan menyebut berapa jumlahnya. Menurutnya itu menjadi kewenangan Dinkes atau Ketua Tim Gugus Tugas Covid.

‘’Namun sejauh ini tidak mengganggu pelayanan. Overloaded iya, namun masih bisa tercover, artinya pelayanan baik bangsal umum maupun bangsal covid atau isolasi juga masih berjalan. Tidak masalah meski nakesnya harus diganti nakes dari bangsal umum,” jelasnya.

Menurutnya nakes itu justru tertular di lingkungan rumah bukan karena pekerjaannya merawat pasien. Karena itu datanya langsung masuk data masyarakat yang terkena covid. Pihak RSUD tahu ketika nakes tersebut izin karena positif.

Ia menambahkan saat semua rumah sakit memang mengalami overload. Tidak hanya RSUD Karanganyar saja. Biasanya pasien yang datang jika menunjukkan gejala covid memang segera dicarikan tempat agar bisa intensif. Dan biasanya memang menunggu pasien yang pulang.

Sejak Kamis pekan lalu jumlah positif corona cenderung turun. Sampai Senin jumlah pasien covid 512 orang, 212 menjalani perawatan di rumah sakit dan lainnya isolasi mandiri.

Sedangkan jumlah suspek ada 90 semuanya dirawat di rumah sakit di Karanganyar ataupun di Solo.

Sedang jumlah probabel ada 75 orang yang mereka semua ada di rumah isolasi mandiri serta ada 2.155 orang yang termasuk kontak erat karena pernah kontak dengan penderita covid.(joko dh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERBARU

LAINNYA