Kamis, 4 Maret 2021

Jembatan Rusak Akibat Alat Berat, Warga Protes Tambang Pasir di Purbalingga

SMOL.ID, PURBALINGGA – Puluhan orang menggeruduk lokasi galian C yang berada di Sungai Pekacangan, Kecamatan Kejobong, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Mereka menuntut kegiatan pertambangan pasir itu dihentikan karena dinilai merusak jalan dan jembatan di daerah tersebut.

“Warga minta penambangan dihentikan dan alat backhoe untuk diangkat dari lokasi,” ujar Kepala Desa Sokanegara, Kristin Handayani, kepada wartawan di lokasi, Rabu (20/1/2021).

Dia menyebut kegiatan pertambahan itu merusak sejumlah infrastruktur di daerah itu. Salah satunya Jembatan Talang yang disebutnya rusak karena pertambangan tersebut menggunakan alat berat.

“Jembatan Talang mulai rusak akibat adanya galian C menggunakan backhoe,” katanya.

Warga kemudian dimediasi bersama kades, polisi dan TNI. Kristin mengatakan berdasarkan hasil mediasi, warga menyerahkan persoalan ini kepada pemdes.

Selanjutnya, lanjut Kristin, jika kegiatan penggalian di lokasi itu masih terjadi maka warga akan melaporkannya kepada polisi. Kemudian, Kristin mengaku akan berkoordinasi dengan dinas terkait terkait kerusakan Jembatan Talang.

“Tadi disepakati tiga poin itu,” ujar Kristin.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolsek Kejobong AKP Suswanto meminta agar warga membubarkan diri setelah mediasi selesai mengingat Purbalingga sedang dalam masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

“Kami minta segera bubar karena Purbalingga masih PPKM, poinnya kan sudah tersampaikan,” kata Suswanto.(lin/smol/dtc)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERBARU

LAINNYA