Minggu, 7 Maret 2021

Pemkab Kebumen Bayar Listrik Rp 8 M, Wabup: Kembangkan Listrik Tenaga Surya

SMOL.ID – KEBUMEN – Wakil Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto mengatakan bahwa salah satu program yang hendak dijalankan adalah pengembangan listrik tenaga surya. Menurutnya langkah tersebut penting ditempuh untuk efisiensi tanpa mengurangi manfaat listrik.

Program itu disampaikan Wabup di beberapa kesempatan, seperti saat hadir pada Sarasehan Ikatan Sesepuh Desa (ISD) se-Kecamatan Buluspesantren di GOR Desa Sangubanyu, Rabu 20 Januari 2021. Hal serupa disampaikan saat menghadiri Sarasehan Kepala Desa se-Kecamatan Sempor, Senin 18 Januari 2021.

Arif Sugiyanto menyebutkan bahwa gagasan tersebut dilatarbelakangi oleh pengeluaran Pemkab Kebumen dalam pemakaian listrik sangat tinggi. Setiap bulan Pemkab harus membayar untuk kebutuhan listrik Rp 8 miliar. Untuk menekan pengeluaran, Wabup berencana memanfaatkan energi tata surya.

“Kami memiliki konsep go green di Kebumen, salah satunya di perkotaan. Nanti lampu penerangan jalan umum (LPJU) di perkotaan akan kita ubah dengan tenaga surya. Lampu perkotaan yang diganti kemudian dialihkan ke desa yang membutuhkan agar jalan-jalan desa menjadi lebih terang,” kata Arif Sugiyanto.

Selain lebih irit dan efisen, menurut Arif, teknologi energi baru dan terbarukan (EBT) yang mengambil energi matahari juga lebih aman dan ramah lingkungan. Dengan semakin menipisnya cadangan energi fosil dan air, energi terbarukan seperti dari surya sangat diperlukan.

“Jadi ke depan kita arahnya akan ke sana, dalam rangka menjaga lingkungan agar tetap asri,” ujarnya.

Minta Masukan untuk Kemajuan Kebumen

Sarasehan di Desa Sangubanyu dengan moderator Camat Buluspesantren Budhi Suwanto mengusung tema Refleksi Tahun 2020 Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Kecamatan Buluspesantren 2021. Pada sesi tanya jawab, banyak bermunculan usul, saran, dan masukan, yang semuanya mendapatkan respon dari narasumber.

Wabup menyatakan kebahagiaannya berada di tengah para tokoh Kecamatan Buluspesantren. Calon Bupati Kebumen yang unggul dalam Pilbup Kebumen 2020 bersama Calon Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih tersebut berharap masukan-masukan untuk kemajuan Kebumen di masa depan.

Dalam pertemuan itu, Wabup menekankan pentingnya program penguatan ekonomi perdesaan. Dengan kemandirian desa maka kesejahteraan masyarakat relatif lebih cepat terpenuhi.

Arif juga mengapresiasi keberhasilan Kecamatan Buluspesantren yang telah lunas PBB. Begitu juga saat di Sempor, dia memuji Sempor yang memiliki kreativitas tinggi. Seperti gula aren rendah kalori produk dari Desa Donorejo, serta oyek kristal dari Desa Kenteng. source kebumenupdate (dimas/aa/smol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERBARU

LAINNYA