Beranda Features Artikel Shakti Mudra

Shakti Mudra

0
Shakti Mudra

Oleh : Den Juneng

SMOL.ID – Shakti Mudra Ini adalah isyarat yang didedikasikan untuk dewi energi kehidupan, Shakti berarti energi atau kekuatan. Gerakan ini dirancang khusus sebagai obat untuk mengatasi insomnia yang disebabkan oleh stres dan faktor lainnya. Itu juga disebut sebagai Shakti Chalana Mudra.

Isyarat Shakti adalah hasta mudra yaitu isyarat tangan, ini ditargetkan untuk mengurangi gangguan tidur anda, ini juga meningkatkan kesehatan fisik dan mental anda. Ini meningkatkan kekuatan dan kekuatan batin anda. Dengan ini anda dapat mencapai stabilitas dalam hidup anda.

Duduklah dalam posisi yang nyaman, duduklah di atas tikar atau karpet tipis jangan langsung duduk di lantai, anda bisa duduk dengan mata tertutup. Ini tidak wajib, saat anda menutup mata, anda akan berkonsentrasi dan lebih fokus pada latihan gerak tubuh tarik napas dalam-dalam. Alihkan fokus dan kesadaran anda pada proses pernapasan, dekatkan tangan ke hati anda, fokuskan dan visualisasikan pernapasan anda di area panggul. Lupakan segalanya, singkirkan semua pikiran dari benak anda dan ucapkan “OM” fokus pada “OM” saat anda bermeditasi, perlambat pernapasan anda secara bertahap.

Catatan: Setelah anda menyelesaikan mudra, berbaringlah. Gerakan ini sangat efektif jika anda mempraktikkannya setiap malam sebelum tidur.

Manfaat Shakthi Mudra ini memiliki efek mengintensifkan pada area dada bagian bawah anda. Ini dapat membantu mengaktifkan sistem kekebalan, sertamembantu mengaktifkan seluruh sistem yang pada akhirnya akan membuat seseorang tetap sehat dan bugar. Selain itu, Shakti Mudra memiliki efek menenangkan pada tubuh dan pikiran yang pada gilirannya memberikan kedamaian dan stabilitas.

Shakti Mudra juga berdampak baik pada pola tidur anda, bermanfaat bagi mereka yang menderita gangguan tidur atau sulit tidur, dan juga memiliki efek menenangkan pada area panggul anda yang dapat melepaskan ketegangan, karena itu Shakti Mudra bermanfaat dalam penyembuhan kram dan kejang menstruasi, kejang usus dan gangguan serupa yang berhubungan dengan panggul. meredakan seseorang dari stres psikologis. memberikan energi fisik dan mental. menenangkan sistem saraf. meredakan masalah yang berhubungan dengan kelenjar prostat dan memperbaiki yang berhubungan dengan buang air kecil, terutama miksi yang tertunda.

Shakti Mudra juga dikatakan bermanfaat bagi mereka yang menderita sakit punggung dan cakram tergelincir. Dan obat yang bagus untuk tubuh yang gemetar, memberikan pancaran dan kilau ke wajah yang lebih berseri-seri.

Waktu dan Durasi
Shakti Mudra bisa dipraktekkan kapan saja, tetapi akan lebih baik dan bermanfaat untuk mempraktikkannya pada dini hari. bisa dipraktikkan saat berada di Tadasana yaitu berpose di gunung atau bahkan duduk di kursi, bisa juga dilakukan sambil berdiri, duduk atau berbaring. Seseorang dapat melantunkan mantra atau mendengarkan musik yang menenangkan saat melakukan gerakan ini.

Seperti mudra lainnya, mudra memberi manfaat lebih baik jika dilakukan dengan perut kosong. Tapi bisa juga dilakukan setelah makan, Itu perlu dilakukan setelah jeda 45-60 menit pasca makan. Shakti Mudra dapat dipraktekkan selama 30-35 menit secara bergantian. Sebagai alternatif, dapat dilakukan selama 12 menit dengan peregangan selama tiga kali sehari.

Perhatian – Jika gerakan ini dilakukan terlalu lama atau tidak teratur, seseorang mungkin akan merasa lesu.

Aksi di Chakra
Mudra Shakti mempengaruhi Chakra Swadishtana yaitu chakra limpa atau sakral. Ini dianggap sebagai gestur sensual atau feminin karena memiliki pengaruh yang baik dalam menenangkan daerah panggul. (aa/smol)

Den Juneng*
Suhu Padepokan Carang Seket

(aa/smol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here