Selasa, 9 Maret 2021

BMKG Sebut Sirkulasi Siklonik Lewati Pesisir DIY 24-28 Februari

SMOL.ID, YOGYAKARTA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut sirkulasi siklonik akan melewati pesisir Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada tanggal 24-28 Februari 2021. BMKG meminta warga di pesisir DIY agar meningkatkan kewaspadaannya.

“Karena ada pengaruh sirkulasi siklonik, masyarakat diminta waspada hujan lebat pada tanggal 24-28 (Februari),” kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati saat ditemui wartawan di Kompleks Kantor Gubernur DIY, Kemantren Danurejan, Kota Yogyakarta, Selasa (23/2/2021).

Pihaknya hari ini melakukan pertemuan dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X. Dalam pertemuan tersebut, salah satunya membahas wilayah pesisir DIY yang akan dilalui sirkulasi siklonik pada pekan ini.

“Karena awalnya ini dari utara Australia sekarang sudah sampai di selatan Nusa Tenggara, dan diprediksi sampai DIY pada tanggal 25 (Februari),” ucapnya.

Dwikorita pun mengimbau kepada para nelayan agar lebih berhati-hati saat melaut saat ada sirkulasi siklonik. Selain itu siklonik itu diperkirakan akan berdampak hingga pesisir, yang bisa mengakibatkan gelombang tinggi, dan juga angin kencang.

“Dampaknya bisa sampai pesisir, bisa menyebabkan gelombang tinggi, angin kencang, dan curah hujan tinggi,” katanya.

“Tapi ini bukan badai siklon ya, tetapi benihnya, bibitnya tidak berkembang sampai badai siklon tetapi berdampak curah hujan tinggi, angin kencang, gelombang tinggi,” imbuh Dwikorita.(lin/smol/dtc)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERBARU

LAINNYA