Rabu, 21 April 2021

Tips Lolos Seleksi Mandiri dari Kagama, Buat yang Ingin Kuliah di PTN

SMOL.ID, JAKARTA – Para siswa yang ingin melanjutkan sekolah ke pendidikan tinggi, mungkin saat ini sedang “kram otak” dan deg-degan. Selain menunggu hasil SNMPTN dan menyiapkan diri ikut SBMPTN, seleksi mandiri yang diadakan kampus jangan sampai terlewat.

Ujian atau seleksi mandiri biasanya dilakukan setelah SNMPTN dan SBMPTN, yang bisa diikuti tiap siswa. Tentunya siswa harus memenuhi syarat dan ketentuan seleksi mandiri PTN penyelenggara, misal UGM.

“Sebagai universitas negeri pertama dan tertua, UGM menjadi salah satu PTN yang diminati siswa. Sebanyak 60.563 peserta mengikuti seleksi mandiri Ujian Tulis (UTUL) masuk UGM pada 2018,” tulis situs Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (KAGAMA).

Lolos seleksi mandiri hingga bisa kuliah di UGM tentu bukan hal mudah. Karena itu, KAGAMA menjelaskan beberapa tips untuk peserta seleksi mandiri UGM atau PTN lain yang mengadakan seleksi mandiri.

5 tips lolos seleksi mandiri untuk yang ingin kuliah di UGM atau PTN lain:

Banyak latihan soal
Punya motivasi dan niat yang kuat
Siapkan semua syarat sebelum seleksi mandiri
Pastikan mendapat poin dari soal yang dikerjakan
Belajar dan kerjakan soal semua pelajaran
Dalam situsnya KAGAMA mengingatkan pentingnya punya persiapan yang baik sebelum ujian mandiri. Persiapan tidak hanya terkait pelajaran, tapi juga syarat dan ketentuan mengikuti ujian mandiri tiap PTN.

Saat ujian peserta diingatkan selalu mengerjakan soal untuk mendapat poin semaksimal mungkin. Laman KAGAMA menjelaskan, soal seleksi mandiri didesain untuk mendapatkan calon mahasiswa yang layak dan kompeten.

“Peserta sebaiknya mengerjakan soal yang mudah dan topik yang dikuasai lebih dulu. Jangan terlalu lama berkutat pada soal sulit karena estimasi waktu yang ada bisa habis sebelum soal lain diselesaikan,” tulis KAGAMA.

KAGAMA menjelaskan, soal seleksi mandiri mustahil diselesaikan semua karena itu peserta harus selektif memilih sebelum menyelesaikan seleksi mandiri. Cara ini bisa diterapkan pada semua bidang ujian.

Terkait pentingnya punya niat yang kuat sempat dijelaskan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nizam. Guru Besar Teknik Sipil Fakultas Teknik UGM ini mengatakan, calon mahasiswa jangan mudah patah semangat saat ujian.

“Masih banyak jalan memasuki pendidikan tinggi baik negeri maupun swasta. Meraih cita-cita banyak pintunya. Terus semangat, belajar, dan jaga kesehatan,” kata Nizam dalam Konferensi Pers Daring Pengumuman Hasil Seleksi Jalur SBMPTN 2020 yang ditayangkan channel YouTube LTMPT OFFICIAL

Seleksi mandiri adalah salah satu ujian masuk PTN yang diadakan tiap kampus, dengan syarat dan ketentuan sesuai kebijakan universitas. Biasanya, seleksi mandiri dilakukan setelah SNMPTN dan SBMPTN.(lin/smol/dtc)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERBARU

LAINNYA