Rabu, 21 April 2021

Ekspor Perdana Permen Jahe ke Amerika di Masa Pandemi

SMOL.ID – KARANGANYAR – Ekspor perdana di masa pandemi dilakukan PT Indo Tropical Karanganyar ke Amerika. Perusahaan di Karanganyar itu mengekspor dua juta bungkus permen jahe yang diberi merk Reed’s, yang dikirim dengan kontiner ukuran 40 feet.

Bupati Juliyatmono yang melakukan pemberangkatan ekspor perdana itu menyambut gembira ekspor tersebut. Di masa pandemi ini, masih ada perusahaan yang melakukan ekspor. Seharusnya perusahaan lain ikut melihat peluang yang ada di masa pandemi ini. Sebab dia yakin Tuhan memberi cobaan ini untuk mengangkat derajat manusia.

‘’Peluang seperti ini harus ditangkap. Amerika ternyata memerlukan permen yang bisa menjadi peningkat imun, dan jahe menjadi pilihannya beserta turunan-turunannya yang akan menyusul diekspor,’’ kata dia, Kamis (4/3).

Toni Winata, warga Karanganyar yang mengekspor permen jahe itu mengatakan, perusahaannya berdiri 2017. Setelah melakukan serangkaian uji coba, akhirnya bisa mengekspor dua juta bungkus permen jahe senilai Rp 1,5 miliar.

Produksi perusahaannya bisa mencapai 50.000 bungkus permhari sehingga untuk memenuhi ekspor paling tidak setiap dua bulan sekali. Bahan baku sudah ada di Karangpandan yang digarap petani mitra, dengan bibit dan pupuk khusus dari perusahaannya.

‘’Saat ini ada 6 hektare lahan jahe untuk memenuhi kebutuhan produksi permen jahe tersebut dan tahun depan akan ditingkatkan menjadi 20 hektare. Jahe tersebut memang jahe khusus sehingga diperlukan petani khusus pula.
Adapun pilihan permen jahe dengan merk khusus itu memang sesuai pesanan dari rekanan di Amerika sehingga permen jahe itu siap edar. Tony berjanji selain pasar ekspor permen jahe itu juga akan diproduksi untuk pasar dalam negeri dengan merk yang beda. Dia juga ingin masyarakat Indonesia juga merasakan manfaat jahe untuk meningkatkan imun di saat pandemi ini.(joko dh/aa/smol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERBARU

LAINNYA