Rabu, 21 April 2021

Silaturahmi Kapolres Karanganyar dengan Awak Media, Ingin Ikut ke TKP

SMOL.ID – KARANGANYAR – Silaturahmi Kapolres Karanganyar AKBP Muh Syafii Maula dengan awak media yang biasa bertugas di wilayah tersebut dilakukan Kamis (4/3). Dalam kesempatan itu wartawan mengatakan merasa perlu untuk ikut ke TKP (tempat kejadian perkara) karena bisa meliput langsung, karena kejadian itu biasanya menarik, terutama wartawan televisi.

‘’Saya minta maaf kalau belum bisa mengabulkan permintaan itu. Saya menyadari peran wartawan yang menjadi mitra kami selama ini, namun ada hal-hal yang tidak boleh dipublikasi, sehingga kami tidak bisa mengajak rekan-rekan,’’ kata dia.

Syafii yang baru dua bulan menjabat mengaku sebetulnya sejak lama ingin mengundang awak media. Namun kesempatan belum menyatu antara dirinya dengan awak media yang juga sibuk dengan liputannya.

Masih tentang keinginan wartawan untuk ke TKP, Syafii berjanji setelahnya diperbolehkan meliput hasilnya. Sebab memang ada kalanya terdapat hal-hal yang masih perlu ditindak lanjuti polisi dan itu belum bisa dipublikasi, walau sering juga media sosial lebih cepat mengekspos.

‘’Justru karena saat ini media sosial sudah berkembang demikian pesat, banyak hoax yang bermunculan, maka wartawan diperlukan untuk memberikan berita yang benar, bukan hoax, agar masyarakat mendapatkan berita yang benar.
Dalam kesempatan itu awak media juga meminta agar jajaran polsek diberi kewenangan memberikan informasi. Sebab banyak kejadian yang ditangani polsek namun untuk memberikan keterangan harus menunggu Kapolres.

Selain itu juga data kecelakaan yang seringkali luput. Datanya ada di polsek namun disuruh minta data ke Kanitlaka, dilempar lagi ke Kasatlantas, tapi Kasatlantas belum menerima laporannya. Kerja media yang sering butuh cepat kadang terhambat birokrasi polisi.

Kapolres mengatakan sejauh beritanya dan datanya sudah clear, sebetulnya data itu sudah bisa disampaikan. Karena itu pihaknya akan mempersilahkan untuk menyampaikan.

Silaturahmi antara Kapolres dengan awak media bakal digelar secara rutin meski tidak harus formal, namun berupa coffe morning bersama paling tidak 2 bulan atau 3 bulan sekali.(joko dh/aa/smol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERBARU

LAINNYA