Rabu, 21 April 2021

Perpanjang PPKM Mikro Longgarkan Aturan Hajatan

SMOL.ID – KARANGANYAR – Bupati Karanganyar Juliyatmono sepakat memperpanjang PPKM Mikro (Peraturan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) berbasis RT dan RW kelima ini sampai tanggal 22 Maret mendatang.

PPKM Mikro itu dirasakan efektif memberikan batasan masyarakat untuk berkegiatan sekaligus memulihkan ekonomi yang terpuruk karena covid ini.

‘’Kami sepakat cara ini efektif, sambil menegakkan aturan berkegiatan. Kami sepakat melonggarkan aturan hajatan masyarakat. Jika selama ini hanya boleh mbanyu mili, sekarang boleh duduk menggunakan piring terbang, namun hanya boleh 50 persen kapasitas tempat duduk,” katanya.

Dia mengatakan, memasuki Bulan Sya’ban yang disusul Ramadhan, kegiatan masyarakat akan makin banyak. Karena itu aturan hajatan diperlonggar sekaligus ini diharapkan bisa menjadi sarana memulihkan perekonomian.

Bagaimana pengawasannya? Sebagaimana aturan PPKM Mikro, maka desa, RT dan RW serta satgas jogo tonggo harus berperan untuk mengawasi hajatan di masyarakat.

Merekalah yang berperan besar untuk mengingatkan siapapun. Hajatan sudah dilonggarkan, jangan sampai aturan protokol kesehatan itu dilanggar sendiri.

Ada kalanya justru hadirin atau undangan sendiri yang melanggar, diam-diam kursi yang disediakan sudah berjarak dipepetkan sendiri karena menganggap berbicara dengan rekan jika tidak berdekatan tidak afdol.

Perasaan seperti itu harus dihilangkan. Dan aparat desa, tetangga sendiri yang mengingatkan.

Satpol PP atau polisi sekadar melihat sambil lalu saja bahwa protokol kesehatan sudah dijalankan, dan selanjutnya semua dalam pengawasan satgas desa dan tetangga sendiri. Mudah-mudahan dengan dilonggarkannya aturan hajatan, covid segera lenyap dari kita.

Bupati Juliyatmono juga mempersilahkan masyarakat memenuhi tempat ibadah untuk menjalankan tarawih dengan leluasa tidak ada larangan lagi. Ingat protokol kesehatan merupakan kedisiplinan diri tidak perlu lagi diawasi, Masyarakat dinilai sudah cukup cerdas memilih yang terbaik. (joko dh/aa/smol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERBARU

LAINNYA