Beranda News Jateng - DIY Djarum Foundation Ajak Kaum Milenial Cintai Lingkungan

Djarum Foundation Ajak Kaum Milenial Cintai Lingkungan

0
Djarum Foundation Ajak Kaum Milenial Cintai Lingkungan
Candi yang bakal dihijaukan para kaum milenial. (Foto : Smol.id/Dok)

SMOL.ID – YOGYAKARTA – Bakti Lingkungan Djarum Foundation ajak kaum melinial mencintai lingkungan dengan menanam pohon di tiga candi yang ada di Yogyakarta. Ketiga candi tersebut, adalah Sambisari, Candi Banyunibo dan Candi Barong.

”Melalui Siap Darling kami mengajak generasi muda mencintai lingkungan,” ujar Tania Anggriani Arbi, Program Associate Bakti Lingkungan Djarum Foundation pada acara virtual ‘Candi Darling From Home’ yang digelar, kemarin.

Kegiatan yang digelar melalui program “Siap Sadar Lingkungan (Siap Darling)” tersebut, meluncurkan kegiatan “Candi Darling From Home” yang bertujuan mendorong generasi muda agar terus aktif melestarikan lingkungan dengan cara-cara yang kreatif.

Menurut Tania Anggriani Arbi, Program Associate Bakti Lingkungan Djarum Foundation, Candi Darling From Home merupakan adaptasi program Candi Sadar Lingkungan (Candi Darling) yang kini diselenggarakan secara daring.

Dari program tersebut, terdapat tiga candi di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang dipercantik dan dihijaukan melalui kegiatan ini, yaitu Candi Sambisari, Candi Banyunibo dan Candi Barong.

Program Associate Bakti Lingkungan Djarum Foundation, lanjut, mekanisme pelaksanaan Candi Darling From Home sepenuhnya berlangsung daring.

Anak-anak muda peduli lingkungan yang ingin berpartisipasi bisa menguggah kegiatan bertema peduli lingkungan di akun media sosialnya dan memberikan tagar #CandiDarlingFromHome serta menuliskan tag akun resmi @siapdarling.

“Setiap satu postingan akan dihitung sebagai donasi satu bibit pohon yang akan ditanam di kawasan Candi Sambisari, Candi Banyunibo dan Candi Barong,” katanya.

Selain itu, lanjut Tania, aksi dan wujud cinta lingkungan juga dapat dilakukan dengan kegiatan lari dan bersepeda yang akan dikonversi menjadi satu buah bibit pohon.

Candi Darling From Home menargetkan partisipasi generasi muda dapat menghimpun tak kurang dari 10 ribu pohon dan tanaman yang nantinya akan ditanam di tiga candi tersebut.

Seluruh bibit pohon dan tanaman berasal dari Pusat Pembibitan equeuq Tanaman (PPT) Djarum Foundation yang terletak di Kudus, Jawa Tengah.

Jenis yang akan ditanam juga menyesuaikan karakteristik dan lingkungan tempat candi tersebut berada. ”Pohon yang kami tanam sudah kami sesuaikan dengan kondisi yang ada di daerah tersebut,” jelas Tania.

Sedangkan Communication Director Djarum Foundation, Mutiara Asmara, menambahkan, Candi Darling From Home merupakan sebuah movement guna menantang generasi milenial agar lebih terlibat dalam pelestarian warisan sejarah berupa candi yang merupakan peninggalan berharga leluhur bangsa ini.

Gerakan ini merupakan kelanjutan dari program Candi Darling yang telah menghijaukan dan mempercantik beberapa candi di Indonesia, diantaranya Candi Prambanan, Situs Ratu Boko, Candi Ijo dan Candi Gedong Songo.

“Candi Darling From Home merupakan inisiasi guna melanjutkan kegiatan Candi Darling yang sudah dijalankan oleh Bakti Lingkungan Djarum Foundation sejak 2019 yang akan mendorong anak-anak muda untuk tetap peduli terhadap penghijauan lingkungan candi dengan cara-cara yang inovatif,” ujarnya.

”Candi Darling From Home akan memfasilitasi anak-anak muda untuk melestarikan candi dengan cara yang dekat dengan keseharian mereka dan cukup dari rumah saja. Program ini akan dilaksanakan hingga tahun 2025 dan diharapkan dapat mencakup penghijauan seluruh candi-candi di Indonesia,” tambah Mutiara.

Kegiatan ini tidak berhenti dalam kegiatan penanaman pohon saja, Candi Darling From Home pada kesempatan ini meluncurkan video series berisi tur ke tiga candi tersebut.

Di dalam video series yang dibintangi aktor Ramon Y Tungka serta influencer pegiat alam Alfira Naftaly Pangalila alias @anak_bebek ini, generasi muda dapat mengetahui seluk beluk sejarah dan juga upaya-upaya yang bisa dilakukan untuk membantu pelestarian ketiga candi peninggalan leluhur itu.

Sedangkan Plt Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) DIY, Zaimul Azzah, memberikan apresiasi terhadap kegiatan Candi Darling From Home yang diinisiasi Bakti Lingkungan Djarum Foundation.

Menurutnya, kegiatan seperti ini diharapkan dapat semakin menumbuhkan kecintaan dan rasa memiliki terhadap warisan sejarah bangsa.

Ia juga mengapresiasi video series yang dinilainya memiliki nilai-nilai edukasi yang penting tentang candi sebagai warisan bangsa, namun dikemas secara apik untuk generasi milenial.

“Setelah lebih dari satu tahun kita tidak keluar rumah, Candi Darling From Home menjadi terobosan agar generasi muda tetap mencitai situs sejarah,” ujarnya.

Kegiatan ini diharapkan bisa menjadi sarana edukasi, agar mereka bisa semakin kenal perjalanan sejarah bangsa ini.

”Semoga Siap Darling terus berinovasi dalam upaya pelestarian peninggalan bersejarah, sambil terus meningkatkan kesadaran generasi muda akan pentingnya upaya penghijauan dan penyelamatan lingkungan sejak dini,” jelas Zaimul.

Sementara Ramon Y Tungka yang menjadi host dalam video series tersebut menuturkan, Candi Darling From Home memberikan perspektif baru dalam hal menjaga lingkungan.

“Menurut saya kegiatan ini memadukan sisi merawat alam tapi juga bisa jadi wisata sejarah. Karena kita juga bisa semakin kenal kebesaran leluhur bangsa melalui candi-candi tersebut,” ujarnya.

”Selanjutnya, adalah tugas kita untuk membantu menjaga keseimbangan alam di lingkungan candi ini demi kelestariannya di masa mendatang,” imbuh Ramon.

Hal senada juga diutarakan oleh influencer pegiat lingkungan Alfira Naftaly Pangalila. Sosok yang dikenal sebagai @anak_bebek ini berharap Candi Darling From Home dapat mencapai target 10 ribu pohon dan semak berbunga.

Sehingga bisa secepatnya mempercantik dan meneduhkan kawasan Candi Sambisari, Candi Banyunibo dan Candi Barong. ”Bila semakin cantik, nantinya setelah situasi membaik pasti akan banyak dikunjungi wisatawan,” katanya.

Bakti Lingkungan Djarum Foundation berharap melalui program ini semakin banyak generasi muda yang peduli dan melakukan aksi nyata melestarikan lingkungan. (Rangga Permana/aa/smol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here