Rabu, 23 Juni 2021

Tidak Ada Ujian Susulan, Peserta Positif Covid-19 Bakal Kandas UTBK

SMOL.ID, JAKARTA – Kabar kurang enak bagi peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer( UTBK) masuk ke perguruan tinggi. Jika hasil tes kesehatan dinyatakan positif covid-19, maka akan kandas mengikuti UTBK, sebab tidak ada ujian susulan lagi.

Menurut Ketua Pelaksana Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Prof Budi Prasetyo, tidak ada ujian susulan bagi peserta UTBK yang positif covid karena keterbatasan waktu.

“Pada tahun ini, kami tidak menyediakan ujian susulan karena keterbatasan waktu. Di Jakarta saja, kami menambah waktu dua hari untuk setiap sesi dan semuanya penuh baik itu gelombang satu dan dua,” terang Budi di Jakarta, Rabu (14/4/2021).

Kebijakan tersebut berbeda dengan tahun sebelumnya, peserta UTBK yang hasil tes rapidnya positif masih bisa mengikuti ujian susulan.

Sebanyak 13 Pusat UTBK mensyaratkan hasil tes cepat sebagai prasyarat mengikuti ujian. Jika hasil tes cepatnya positif maka tidak diperkenankan mengikuti UTBK.

“Memang pada tahun ini, kami tidak bisa mengakomodir yang sakit karena 4 Mei 2021, UTBK harus sudah selesai semua,” jelasnya.

Jika diselenggarakan ujian susulan akan berdampak pada jadwal pengumuman dan lain-lainnya.

Meski demikian, Budi meminta peserta yang tidak bisa mengikuti UTBK untuk tidak berkecil hati karena masih ada jalur seleksi mandiri yang bisa diikuti.

Pelaksanaan UTBK gelombang I dimulai 12 April hingga 18 April 2021. Sementara gelombang II dimulai pada 26 April hingga 30 April 2021 dan 1 Mei serta 2 Mei 2021.

Pelaksanaan UTBK diselenggarakan di 74 Pusat UTBK. Sedangkan untuk UTBK tuna netra terdapat di 51 Pusat UTBK. Untuk sesi pertama dimulai pukul 06.45 WIB hingga 10.30 WIB. Sementara untuk sesi kedua, dimulai pukul 13.00 WIB hingga pukul 16.35 WIB.(lin/smol/ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERBARU

LAINNYA