Kamis, 13 Mei 2021

Antisipasi Kelangkaan, PMI Pekalongan Gelar Donor Darah Akhir April

SMOL.ID, PEKALONGAN – Mengantisipasi kelangkaan stok darah, Palang Merah Indonesia Pekalongan akan menggelar dono darah. Donor darah akan dilaksanakan pertengahan bulan puasa dengan cara keliling dan memberi kompensasi tambahan souvenir.

“Untuk mencukupi ketersediaan darah, kami siap melayani pada pendonor selama 24 jam. Selain itu, selama bulan puasa kami juga akan menggelar kegiatan donor darah yang rencananya dilakukan pada pertengahan Ramadhan dengan memberikan tambahan souvenir Ramadhan dan menerima permintaan donor keliling,” kata Kepala Unit Donor Darah PMI Kota Pekalongan Ani Sri Rahayu di Pekalongan, Jumat (16/4/2021).

Namun untuk saat ini, ia menjamin stok darah yang tersedia masih aman untuk mencukupi permintaan masyarakat yang membutuhkan.
Stok darah jenis golongan A sebanyak 35 kantong, golongan darah B (30 kantong), O (40 kantong darah), dan AB sebanyak 10 kantong.

Ani menjelaskan, pada umumnya selama memasuki bulan suci Ramadhan, stok darah akan menipis karena minimnya para pendonor.
Para pendonor enggan melakukan donor darah di bulan puasa karena mereka khawatir berdampak buruk pada tubuhnya padahal hal itu tidak akan membahayakan kesehatan.

Ani memberikan empat kiat yang bisa dilakukan masyarakat sebelum melakukan donor darah saat berpuasa yakni menyiapkan mental, kesiapan fisik, jangan lupa makan sahur dengan asupan makanan dan minuman yang baik.

Selanjutnya, pilih waktu yang tepat, apabila pada saat akan melakukan donor takut lemas bila dilakukan pada siang hari atau saat berpuasa maka dapat dilakukan menjelang berbuka dan sesudah berbuka puasa atau usai salat tarawih.

“Terakhir, banyak minum air putih. Kami sarankan banyak minum air putih sampai tiga hari ke depan usai donor untuk mengembalikan volume darah sepenuhnya. Jika sedang berpuasa, pemenuhan asupan cairan dapat dimaksimalkan usai berbuka puasa hingga menjelang imsak,” katanya.(lin/smol/ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERBARU

LAINNYA