Kamis, 13 Mei 2021

Pancasila Mukjizat Ideologi dari Allah SWT untuk Bangsa Indonesia

Usai acara bedah buku baik nara sumber maupun peserta sama-sama mengucapkan Salam Pancasila. (Foto : Smol.id/Dok)

SMOL.ID – YOGYAKARTA – Pancasila itu mukjizat ideologi dari Allah SWT untuk Bangsa Indonesia. Oleh karena itu, Sila Ketuhanan Yang Maha Esa harus dibumikan ke dalam sila keempat.

Kemudian menuju sila kedua, sehingga tercapai sila Persatuan Indonesia, bila itu dilakukan, maka menurut Prof Yudian Wahyudi, Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), baru akan terwujudlah sila Keadilan Sosial.

Demikian paparan singkat bedah buku ‘Universalitas Pancasila Yudian Wahyudi-Percikan Biografi Intelektual, Spiritual dan Internasional,” karya Waryani Fajar Riyanto, di Gedung Prof RHA Soenarjo, SH, Kampus UIN Suka, Yogyakarta, kemarin.

Waryani Fajar Riyanto merupakan Dosen Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, UIN Sunan Kalijaga, yang produktif dalam menulis buku.

Banyak karya tulisannya yang mengupas tentang biografi tokoh Islam di Indonesia, seperti Buya Syafi’i Ma’arif dan Prof Yudian Wahyudi.

Buku karya terbarunya ini yang menceritakan tentang Biografi Prof Yudian Wahyudi, setebal hampir 700 halaman ditulisnya dalam waktu 1 bulan. Buku ini ditulis berdasarkan data-data perjalanan karir Prof Yudian Wahyudi, bukan dari wawancara.

Sementara Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Prof. Phil Al Makin yang hadir dalam acara itu mengatakan, Prof. Yudian Wahyudi memiliki 3 karakter baik yang bisa dicontoh oleh siapa saja untuk menjadi sukses.

Yakni, menghargai persahabatan, menjunjung tinggi kejujuran dan keras dalam memperjuangkan mimpi-mimpinya. ”Beliau juga pekerja keras,” ujar rektor menjelaskan.

Yudian Wahyudi, lanjut dia, memiliki sifat sangat bersahabat dengan siapapun termasuk dengan semua muridnya. Hal itu terlihat, beliau selalu memberi jalan yang mudah bagi muridnya dan siapapun yang berurusan dengan beliau.

“Beliau juga bisa menjadi sahabat yang melampaui kesusahan dan kesenangan. Selain jujur juga memiliki insting kejujuran yang tinggi,” katanya.

Pendeknya, ia sosok motivator yang telah banyak melahirkan murid yang sukses berkat motivasi dari beliau.

Sementara Prof Yudian Wahyudi, berharap buku ini bisa menjadi inspirasi dan menyemangati generasi milenial penerus perjuangan bangsa dan agama.

Prof Yudian Wahyudi memberikan beberapa poin wejangan. Antara lain, jika ingin menjadi orang besar atau berpengaruh, maka pelajari proses hidup dan pemikiran orang-orang besar. Jadikan teladan dalam memperjuangan kesuksesan yang diimpikan. (Rangga Permana/aa/smol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERBARU

LAINNYA