Kamis, 13 Mei 2021

Penyampaian Rekomendasi LKPJ 2020, Dewan Dukung Pembangunan Infrastruktur

SMOL.ID – BANJARNEGARA – Dewan Pimpinan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banjarnegara menyelenggarakan Sidang Paripurna Istimewa dengan agenda penyampaian rekomendasi terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Kepala Daerah Kabupaten Banjarnegara Tahun 2020, Selasa (20/4/2021) di ruang sidang utama DPRD Banjarnegara.

Ketua DPRD Banjarnegara, Ismawan Setya Handoko, SE, menyampaikan bahwa laporan keterangan pertanggungjawaban ini merupakan salah satu bentuk perwujudan pertanggungjawaban tahunan atas pelaksanaan pemerintahan daerah. LKPJ berisi tentang laporan atas implementasi Kebijakan Pembangunan dan Keuangan yang sudah ditetapkan, maupun disepakati oleh Pemerintah Daerah bersama-sama DPRD.

“DPRD Kabupaten Banjarnegara siap membahas LKPJ Kepala Daerah Kabupaten Banjarnegara Tahun 2020 setelah Bupati Banjarnegara secara resmi menyerahkan LKPJ tersebut pada rapat paripurna Penyerahan LKPJ Kepala Daerah Kabupaten Banjarnegara Tahun 2020 pada tanggal 29 Maret 2021,” katanya.

Secara lengkap, rekomendasi DPRD Banjarnegara terhadap LKPJ Kepala Daerah tahun 2020 dibacakan oleh Ketua Komisi II, Djarkasi, S. Th. I. Dalam rekomendasi tersebut, dewan banyak mengulas mengenai berbagai keberhasilan maupun kendala pembangunan, antara lain :

Dalam bidang Pendidikan, diberlakukannya pendidikan jarak jauh secara daring selama pandemi COVID-19, dipandang masih menyisakan sejumlah persoalan di masyarakat. Sebab, tidak semua pendidik, siswa serta orang tua siap dalam pembelajaran daring ini.

“Kendala yang banyak dihadapi dalam pembelajaran daring adalah jaringan internet. Pemerintah harus mengusahakan jaringan internet yang bisa diakses oleh seluruh masyarakat. Persoalan lain yang juga banyak dikeluhkan siswa adalah keterbatasan biaya untuk mengakses internet,” katanya.

Untuk sektor kesehatan, DPRD memberikan apresiasi atas keberhasilan Pemerintah Daerah dengan sudah diterapkannya Zona Integritas pada RSUD Hj. Ana Lasmanah, untuk hal tersebut

“DPRD merekomendasikan adanya peningkatan pelayanan kepada masyarakat terkait juga dengan tingkat keramahan petugas RSUD melalui pelatihan service exelent,” lanjutnya.

Untuk bidang infrastruktur, DPRD mendukung gencarnya pembangunan infrastrkutur karena telah memperbaiki akses jalan sehingga menumbuhkan ekonomi rakyat.

“Kami mendukung penuh pembangunan infrastruktur,” katanya.

Disamping itu, Dewan juga memberikan apresiasi kepada Dinas Kependudukan dan Pencataan Sipil Kabupaten Banjarnegara yang telah membuat inovasi-inovasi terhadap masalah pelayanan kependudukan sehingga pelayanan bisa cepat, tepat, mudah dan murah.

“Selamat dan sukses untuk inovasi dan terobosan yang sudah dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, semoga terus berjalan secara optimal dan semoga bisa didukung sarana dan prasarana yang memadai,” urai Djarkasi yang selalu membumbui pidatonya dengan pantun-pantun menarik.

Sementara itu dalam sambutannya, Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono menyampaikan bahwa dalam mewujudkan capaian kinerja daerah tahun 2020. Program dan Kegiatan yang dilaksanakan telah memperhatikan arah kebijakan dan program prioritas pembangunan tahunan yang telah ditetapkan dalam RKPD tahun 2020.

“Pemkab Banjarnegara selalu memperhatikan arah kebijakan dan program prioritas, antara lain fokus pada pemantapan pembangunan infrastruktur daerah, percepatan pembangunan ekonomi yang berkeadilan dan berkelanjutan dengan berbasis pada potensi unggulan daerah, dan pembangunan manusia melalui peningkatan SDM serta peningkatan pelayanan dasar,” ungkapnya.

Sidang paripurna dihadiri Wakil Bupati Syamsudin S.Pd, M. Pd, Sekretaris Daerah Drs Indarto M. Si, pimpinan dan anggota DPRD, serta para kepala OPD di lingkungan Pemkab Banjarnegara. (mjp/dimas/aa/smol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERBARU

LAINNYA