Kamis, 13 Mei 2021

Peringatan Nuzulul Quran, Kaprodi FBS Unnes Singgih Kuswardono Beri Tausiyah Warga Bubakan

SMOL.ID – SEMARANG – Yayasan Fi’lal Khairat Indonesia (Yafikhi) memperingati Nuzulul Quran yang dilaksanakan pada Jumat (30/4), dengan tema “Meningkatkan imunitas dengan Alquran”.

Usai shalat tarawih, warga Bubakan berduyun-duyun mendatangi sekretariat Yafikhi di Jalan Maryadi Gang Banjarsari 03 RT 2 RW 2 Kp Batok Kelurahan Bubakan Kecamatan Mijen Kota Semarang, untuk mendengarkan tausiyah keagamaan oleh Ustadz Dr Singgih Kuswardono, M.A Kepala program D3 S1 Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang.

Ustadz Singgih menyampaikan bahwa Alquran sebagai Syifa. “Alquran menggunakan kata syifa (sehat) sebanyak 8 kali, sedangkan kata maradh (sakit) disebut 12 kali berkaitan dengan penyakit hati dan 5237 kali berkaitan dengan penyakit badan,” ucapnya.

Dalam rangka pencegahan terhadap penyakit, ada beberapa hal yang harus di perhatikan: Menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya, membiasakan hidup bersih, makan dan minum yang halal dan thoyyib, makan dan minum secara tidak berlebihan, menghindar atau melindungi diri dari penyakit yang menular. Apabila diuji dengan sakit harus segera berobat dan berdoa memohon kesembuhan,” tambahnya.

Ketua panitia, Arif Romadhon mengatakan, bahwa kegiatan Yafikhi pada Ramadhan tahun ini bertajuk Gemilang Ramadhan, yang agendanya antara lain: buka puasa bersama full selama ramadhan, peringatan Nuzulul Qur’an, khotmil Quran, pesantren ramadhan, santunan dan memberikan paket lebaran untuk yatim dhu’afa dan lansia, serta berbagi paket lebaran untuk keluarga terdampak covid.

“Alhamdulillah anak anak binaan dan warga sekitar menyambut dengan antusias,” ungkap Arif sapaan akrabnya.

Pada Nuzulul Quran ini dihadiri Sukiyatno ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPMK) kelurahan Bubakan mengucapkan syukur dengan keberadaan Yayasan Yafikhi, “Masyarakat sudah mengalami perubahan, yang dulunya suka colong njupuk (mencuri), sekarang sudah tidak ada, anak-anak rajin belajar mengaji, semangat mendalami agama,” ucap Sukiyatno dalam sambutannya.

Sementara itu ketua Yayasan Yafikhi Aim Saputra, menyampaikan program Yafikhi diantaranya pembebasan lahan wakaf di jl Imam Soeparto Sigarbencah Tembalang Semarang yang akan di gunakan untuk masjid, dan pondok Tahfidz Al-Qur’an. “Kami mohon doa restu dan dukungannya,” pinta pria kelahiran Cirebon itu.

“Bagi yang mau menyisihkan rezeki terbaiknya untuk berwakaf atau donasi lainnya melalui Rekening BRI 605.301.014838539, BSM 7474477775 an Yayasan Fi’lal Khairat Indonesia, konfirmasi +62 815 2577 5451. Untuk berwakaf, Yayasan Yafikhi membuka delapan paket wakaf, antara lain paket Almas senilai 50 juta/20 meter, paket Lu’lu senilai 25 juta/ 10 meter, paket Dzahab senilai 10 juta/4 meter, paket Fida senilai 5 juta/2 meter, paket Burunz senilai 2,5 juta/1 meter, paket Balatin 1 juta/40 centimeter, paket Wardah 500 ribu/20 centimeter, paket Yasmin 250 ribu/10 centimeter,” imbuhnya. (aa/smol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERBARU

LAINNYA