Kamis, 13 Mei 2021

Meriahnya HUT SMA 1 Batur dari Lomba Kakang Mbekayu hingga Pembagian HP

SMOL.ID – BANJARNEGARA – Menutup Rangkaian Peringatan Hari Ulang Tahun SMA Negeri 1 Batur, Banjarnegara yang ke 29, keluarga besar SMA Negeri 1 Batur menggelar aksi peduli dan berbagi, dengan membagikan perangkat pembelajaran kepada siswa kurang mampu namun memiliki prestasi.

Kepala SMA 1 Batur, Linovia Karmelita, SSos menerangkan, perangkat pembelajaran yang diberikan berupa smartphone android dengan spesifikasi minimal untuk dapat melakukan kegiatan pembelajaran secara daring yang dilaksanakan dengan mempergunakan platform Google Classroom, Whatsapp, Youtube, dan lainnya.

“Alhamdulillah, kita telah bagikan delapan buah smartphone dengan berbagai merk kepada siswa yang kurang mampu. Smartphone tersebut didapatkan dari donasi para Guru dan Karyawan SMA Batur sejumlah lima unit, kemudian dari badan usaha yang peduli pendidikan yakni Geodipa Energi Dieng dua unit, Surya Yudha satu unit, dan Bank Jateng satu unit,” katanya saat ditemui smol.id Selasa (4/5/2021).

Dia berharap, dengan pembagian perangkat ini, kendala kesulitan perangkat yang dialami beberapa siswa dapat diatasi sehingga minat siswa untuk belajar dapat dipertahankan sehingga prestasi siswa dapat dipertahankan pula.

“Tentunya kami mengucapkan terima kasih kepada rekan guru, karyawan, siswa dan dunia usaha yang turut peduli dengan realita pendidikan yang ada. Hal tersebut sangat membantu untuk kelancaran belajar-mengajar terutama melalui daring,” ungkapnya.

Humas SMAN 1 Batur, Novi Sulistriyani, SPd menambahkan, SMAN 1 Batur tengah merayakan serangkaian kegiatan untuk menyambut ulang tahun yang ke-29, tepatnya tanggal 5 Mei 2021.

“Ini merupakan hari ulang tahun sekolah yang ke-29, dan tahun ini dilaksanakan pada saat pandemi. Meski begitu, beberapa kegiatan tetap dilaksanakan dengan mempertahankan kemeriahan dan gebyar HUT SMAN 1 Batur, dan tentunya dengan mematuhi protokol kesehatan,” kata Novi.

Dengan menimbang beberapa hal, puncak pelaksanaan HUT SMAN 1 Batur ke-29 tidak dilaksanakan lebih awal yaitu tanggal 9 April 2021. Adapun rangkaian acara yang telah dilaksanakan meliputi: penampilan hasil Lomba Greeting Card, Lomba kakang dan mbekayu SMAN 1 Batur, Performance Band, dan penandatanganan komitmen bersama seluruh warga SMAN 1 Batur dalam mewujudkan kemajuan SMAN 1 Batur, dan diakhiri dengan kegiatan SMAN 1 Batur Peduli dan Berbagi.

Uniknya, pada puncak HUT SMAN 1 Batur, Jumat lalu, ditampilkan band tamu yang diwakili oleh Zoah Band, dengan personil dari perwakilan dari masyarakat sekitar sekolah. Setelah itu ditampilkan juga band dengan personil bapak-ibu guru SMAN 1 Batur, dan band yang siswa yang membawakan lagu-lagu masa kini.

“Lomba greeting card merupakan ajang kreativitas seni siswa dalam bentuk kartu ucapan selamat ulang tahun dari siswa. Karya mereka kemudian diupload melalui akun facebook dan instagram masing-masing peserta dengan menyertakan hashtag #smanegeri1batur dan dinilai pada 5 Mei 2021, bertepatan HUT sekolah. Adapun Lomba Kakang Mbekayu merupakan ajang untuk merekrut duta SMAN 1 Batur yang akan menjadi wajah sekolah dalam berkomunikasi dan menjalin hubungan sosial dengan pihak lain untuk mempromosikan pariwisata, pendidikan dan kegiatan positif lainnya. Dari lomba ini dipilih kakang dan mbekayu terfavorit, pasangan tervaforit, dan juara 1, 2, serta 3 pilihan dewan juri,” jelasnya.

Selain rangkaian kegiatan tersebut, sehari sebelum puncak HUT SMAN 1 Batur dilaksanakan kegiatan SMAN 1 Batur Peduli lingkungan dalam bentuk penanaman seribu batang pohon untuk konservasi lingkungan di wilayah Kecamatan Batur. Kegiatan tersebut didukung oleh beberapa komponen masyarakat baik itu dari pihak Polsek Batur, Kecamatan Batur, Koramil Batur, LMDH Petarangan Barokah, KPH Merah Delima, Kepala Desa Sumberejo, Pusat Pemantauan Gunung Api Dieng, dan beberapa LSM di wilayah Batur.

Muhammad Irbab Husain, salah seorang siswa yang menerima bantuan perangkat pendidikan sangat gembira dengan adanya aksi ini.

“Alhamdulillah, akhirnya kesulitan saya terbantu dengan adanya HP ini. Biasanya saya pinjam punya Bapak untuk daring,” ujarnya penuh syukur. (Dimas/aa/smol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERBARU

LAINNYA