Kamis, 13 Mei 2021

Pantau Pasar Kejambon Sleman, BPOM Temukan Makanan Kandung Bahan Berbahaya

SMOL.ID, SLEMAN – Pemkab Sleman dan BPOM Yogya melakukan pengawasan kandungan berbahaya makanan Pasar Kejambon, Ngemplak Sleman. Ada 48 sampel makanan yang diambil dari pasar itu untuk diuji.

Perwakilan dari BBPOM Yogyakarta Dewi Prawitasari mengatakan dair 48 sampel makanan yang diuji, ada lima makanan yang tidak memenuhi standar kesehatan makanan karena mengandung boraks dan formalin.

“Masyarakat agar lebih berhati-hati dalam berbelanja. Membedakannya makanan mengandung formalin atau tidak,” imbaunya, di Sleman, Selasa.

Cara membedakan makanan berformalin maupun mengandung boraks dengan yang tidak berformalin sangat mudah yaitu tidak akan dikerumuni lalat.

Menurutnya, sebagai tindak lanjut, BPOM meminta paguyuban pengurus pasar dan Dinas Perindag Sleman untuk mengamankan makanan mengandung bahan berbahaya itu. Sedangkan untuk penjualnya akan mendapatkan pembinaan dan penyuluhan.

Sementara itu, Bupati Seman Kustini Sri Purnomo menyebutkan pihaknya bersama BBPOM Yogyakarta melakukan pengawasan penggunaan bahan berbahaya pada makanan yang dijual di tempat itu. Sekaligus memantau ketersediaan bahan makanan di pasar.

“Hal ini demi menghindari penyalahgunaan bahan berbahaya pada makanan yang tentunya berbahaya jika dikonsumsi,” katanya.

Ia mengatakan pihaknya juga melakukan pemantauan ketersediaan bahan makanan untuk memastikan kebutuhan sembako menjelang Lebaran masih mencukupi dan harganya juga wajar.

“Ketersediaan barang kebutuhan masih ada dan harganya stabil sesuai dengan masyarakat, harga masih standar semua,” katanya.

Pada kesempatan tersebut Bupati Sleman juga membagikan masker kepada para pedagang serta mengingatkan terkait protokol kesehatan.
Hadir pula pada acara tersebut Kepala Dinas Perindag Sleman Mae Rusmi Suryaningsih.(lin/smol/ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERBARU

LAINNYA