Selasa, 22 Juni 2021

Bro Narendra: Anak-anak Jalanan Sebaiknya Ditarik Masuk Ponpes

SMOL.ID – SEMARANG – Sekretaris DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kota Semarang, Benediktus Narendra Keswara berharap, anak-anak yang ada di jalanan, hendaknya bisa ditarik dan dijadikan santri di pondok pesantren.

“Daripada hidup di jalanan, alangkah baiknya kalau mereka masuk pondok pesantren, sehingga bisa lebih mendalami ilmu agama. Dan kelak bisa menjadi penerus bangsa yang lebih baik,” tutur Bro Naren, panggilan akrab Benediktus Narendra Keswara.

Hal itu diungkapkan ketika Bro Naren yang juga anggota Komisi A DPRD Kota Semarang menyerahkan bantuan 10 kitab suci Al-Quran kepada pengasuh Ponpes Roudlotun Ni’mah Kalicari, Pedurungan, Semarang, Senin (10/5).

Bantuan kitab suci Al-Quran tersebut diterima oleh Gus Oon, salah seorang pengurus Ponpes Roudlotun Ni’mah.

Politisi asal PSI ini, sepenuhnya mendukung program pendidikan Ponpes pimpinan Abah Ali, yang mengajarkan ‘Mafia Sholawat’.

Menurut Hami, Seksi Pendidikan di ponpes tersebut, ‘Mafia Sholawat’ memiliki arti, ‘Manunggaling fikiran lan ati ing dalem Sholawat’.

“Jujur saja, selain itu kata mafia juga dimunculkan karena faktor lingkungan. Diharapkan, para mafia yang sesungguhnya dapat segera sadar dan segera menekuni ilmu agama,” tuturnya.

Saat ini, katanya, ajaran ‘Mafia Sholawat’ tidak saja berkembang di Kota Semarang dan kota-kota lain yang ada di Indonesia, tapi juga berkembang di Hongkong, Taiwan, Singapura, Korea, dan China.

“Khusus di ponpes ini, pengajiannya secara rutin dilakukan setiap malam Sabtu Pon,” ujar Hami.

Selain mendalami ilmu agama, para santri juga diberikan pelajaran keterampilan. Yakni, setir mobil dan musik rebana.

Sedangkan kegiatan usaha yang dijalankan di ponpes antara lain, memproduksi souvernir berupa kaos dan pendirian koperasi.

Abah Ali yang telah memimpin ponpes sejak tahun 1996, saat ini memiliki 100 santri yang bermukim. “Kalau yang tidak bermukim di pondok dan belajar ilmu agama secara online, jumlahnya tak terhitung.”

DPD PSI Kota Semarang juga memberikan bantuan serupa kepada ponpes-ponpes yang ada di beberapa wilayah kecamatan di Kota Semarang.

Ikut hadir dalam acara tersebut, Bro Eggy (Ketua DPC PSI Wilayah Pedurungan), Bro Bangkit (Staf Ahli Fraksi PAN-PSI), dan beberapa pengurus DPD PSI Kota Semarang. (Hr/aa/smol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERBARU

LAINNYA