Selasa, 22 Juni 2021

Hari Libur Diskdukcapil Kota Yogyakarta Tetap Buka

SMOL.ID – YOGYAKARTA – Meski libur Lebaran, namun Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Yogyakarta, tetap memberikan pelayanan tanpa membedakan jenis kelamin termasuk layanan kepada kaum transgender.

Hal ini dilakukan untuk memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. ”Di hari libur kami tetap memberikan layanan kependudukan baik KTP, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran dan lainnya, termasuk kepada kaum transgender,” kata Bram Prasetyo, Kabid Pelayanan Kependudukan Disdukcapil Kota Yogyakarta di ruang kerjanya, Minggu (16/5).

Menurut dia, semua akan dilayani sama sesuai dengan asli saat dilahirkan, yakni kalau itu terlahir laki-laki akan dilayani sebagai laki-laki atau kalau terlahir perempuan akan dilayani sebagai perempuan. ”Meski libur, kami tetap buka,” katanya lagi.

Ia mengakui banyak transgender yang ingin dilayani sesuai dengan keberadaannya saat ini, yakni sesuai dengan kelamin transgender. Namun secara hukum tidak dapat dilakukan. ”Harus sesuai dengan jenis kelamin aslinya sebagaimana saat lahir.”

Bram menegaskan, Disdukcapil tetap akan menerbitkan dokumen kependudukan sesuai dengan jenis kelamin sesuai dengan saat kelahiran dan nama aslinya. ”Kalau mereka bersedia kami akan memberikan layanannya,” katanya lagi. (Rangga Permana/aa/smol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERBARU

LAINNYA